Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Atap Limas, Rumit Tapi Indah

Pada rumah yang berkategorikan minimalis jarang ditemui metode pemasangan atapnya model limas, kebanyakan cenderung menggunakan atap model pelana karena lebih praktis. Memang atap model limas lebih rumit atau susah dalam pelaksaannya. Kemungkinan bocor bisa terjadi karena ada jurai dalam tapi bisa diatasi dengan pengerjaan atap yang teliti.
Di balik kerumitannya itu, atap model limas dapat memberikan suatu keindahan pada rumah. Apalagi jika material atap yang dipakai adalah genteng. Rumah beratap limas kelihatan lebih kokoh karena menampilkan garis-garis yang tegas pada perabung-perabungnya.


Kerumitan membuat atap model limas akan lebih terasa lebih berat apabila Anda membuat struktur atap limas ini dari kayu. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan kuda-kuda baja ringan, dimana selain ringan bebannya (tidak melelahkan), pembuatan kuda-kuda dengan material baja ringan tidak memerlukan metode-metode sambungan rumit sebagaimana halnya dengan kuda-kuda kayu.
Ketika mengaplikasikan kuda-kuda dan rangka atap dengan baja ringan, kekhawatiran terhadap kebocoran yang sering terjadi pada atap limas dimana ini dialami pada jurai dalam dapat diatasi dengan talang jurai zincalum yang dapat dipesan (order) sepanjang 4 meter yang diproduksi oleh produsen kuda-kuda baja ringan. Dulu, ketika memakai kuda-kuda kayu, talang jurai ini biasanya dibuat dari papan yang dilapisi dengan terpal (plastik) yang lama kelamaan bisa sobek.
Contoh rumah yang menggunakan atap model limas
Rumah beratap limas
Berikut contoh desain rumah yang berlokasi di Jl. Putri Indah, Tangkerang, Kota Pekanbaru. Rumah dengan atap model limas ini dibangun diatas lahan berukuran 13,5 m x 27 m, keinginan memiliki rumah tidak bertingkat dengan ukuran luas lantai 100 m2 (tidak besar tapi kelihatan kokoh) dan halaman yang luas terpenuhi.

Rumah dengan atap limas
Denah Rumah Tipe 100
Pada gambar diatas terlihat bahwa selain bisa mengakomadasi kebutuhan ruang, mulai dari teras depan, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar tidur utama dan kamar tidur anak serta teras belakang untuk bersantai sambil menikmati taman yang luas di halaman belakang.


Tag : Artikel, Atap

Back To Top