Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Bahan Untuk Membuat Lemari Kitchen Set

Kitchen set merupakan elemen interior yang selain segi keindahan estetika juga sangat membutuhkan kekuatan. Lemari bagian atas butuh kekuatan untuk tergantung di dinding. Lemari bawah kitchen set butuh kekuatan untuk menyangga top table yang biasanya terbuat dari granit, marmer atau solid surface.

Berikut ini adalah beberapa bahan atau material yang biasa digunakan untuk membuat kabinet kitchen set:
  1. Kayu Solid. Kayu solid merupakan bahan material utama kitchen set yang paling kuat. Keindahan motif alaminya menjadi daya tarik tersendiri pada bahan ini. Beberapa kayu yang umum digunakan sebagai bahan baku kitchen set murah ini diantaranya kayu jati, sungkai, nyantoh, merbau dan jati belanda. Untuk menampilkan kesan eksklusif nan mewah biasanya kayu solid pada kitchen set umumnya difinishing dengan teknik impra sehingga alur urat kayunya kelihatan. Namun ada juga yang difinishing dengan cat duco.Hanya saja semua hal tersebut berbanding lurus dengan harga yang bisa dibilang sangat mahal jika menggunakan bahan utama kayu solid jenis di atas.
  2. Plywood/Multiplek. Plywood/multiplek merupakan salah satu material dari jenis kayu olahan yang umum digunakan. Bahkan bisa dibilang bahan utama favorit. Plywood/multiplek merupakan kayu olahan yang relatif lebih kuat dibanding jenis kayu olahan lainnya seperti hdf, mdf, blockboard atau partikel board . Bahan dasar plywood adalah lapisan-lapisan kayu yang disatukan menggunakan lem khusus dengan ketebalan-ketebalan tertentu dan dipress dengan tekanan tinggi. Multiplek memiliki kualitas lebih baik dibanding jenis kayu olahan lainnya. Tekstur lapisan kayunya lebih rapat. Sehingga memiliki tingkat kekuatan tinggi serta daya tahan terhadap air yang baik. Selain itu harganya masih sangat terjangkau jika dibandingkan dengan bahan kayu solid. Oleh karena itulah multiplek merupakan bahan utama interior dan kitchen set yang paling cocok digunakan. Kekuatannya memenuhi syarat. Dan dari segi harga masih sangat terjangkau.
  3. Blockboard. Bahan utama kitchen set selanjutnya adalah blockboard. Blockboard merupakan produk hasil olahan industry plywood. Blockboard terdiri dari 3 lapis yaitu lapis muka (face) yang berasal dari lembaran plywood setebal 0,5 ~ 2 mm. Selanjutnya inti (core) yang terbuat dari kayu hutan. Contoh kayu hutan adalah seperti kayu meranti atau kayu rakyat seperti kayu albasia. Kayu tersebut dirajang serta dilaminating dan dibuat sedemikian rupa dengan ketebalan berkisar 10 ~ 14 mm. Dan yang terakhir adalah lapisan belakang (Back) yang dibuat dari Plywood lembaran setebal 0,5 ~ 2,0 mm.
Ketiga bahan di atas adalah merupakan bahan yang biasa digunakan untuk membuat kabinet kitchen set. Seiring dengan tingkat kemajuan ekonomi dan keinginan yang lebih dari konsumen, saat ini kabinet kitchen set juga dibuat dari bahan solid surface. Tentu biaya untuk membuat kitchen set dengan bahan solid surface akan lebih besar, apalagi dipadukan dengan pemakaian quartz surface. Bagi orang yang memiliki finansial yang bagus tentu hal itu tidak dipersoalkan, asal mereka dapat memenuhi keinginan sebuah kitchen set yang mewah dan higienis.

Kitchen set solid surface DuPont
Kitchen set solid surface DuPont
Tag : Kitchen Set

Back To Top