Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Berapa Tinggi Lantai 2 Rumah Bertingkat?

Bagaimana pendapat anda terhadap rumah bertingkat ini? Memang rumah bertingkat ini tidak berada di Indonesia, tapi ini adalah rumah bertingkat yang dibuat di Jerman sana. Kenapa gambar ini saya jadikan contoh? Untuk menjawab pertanyaan berapa tinggi lantai 2 rumah bertingkat.
Rumah Bertingkat

Pada umumnya yang kita lihat pada rumah bertingkat yang ada di sekitar kita rata-rata ketinggian lantai 2 nya adalah 4 meter. Kenapa harus sedemikian tinggi? Kadang ada hal yang menggelikan, mau rumah bertingkat tapi ingin kamar tidur utamanya berada di bawah dengan alasan tidak kuat naik tangga.


Jika diperhatikan gambar rumah bertingkat di atas dapat diperkirakan bahwa tinggi lantai 2 rumah tersebut tidak lebih dari 3 meter. Tentu dengan ketinggian yang demikian tidak terlalu lelah menaiki tangganya. Perlu diketahui juga bahwa semakin tinggi dinding yang dibuat semakin lama dan mahal biaya konstruksinya. Bisa dihitung berapa biaya yang bisa anda pangkas dengan tidak membuat dinding terlalu tinggi. Jika dikumpul-kumpulkan biaya itu bisa anda alihkan untuk membeli material yang lebih berkualitas sehingga anda dapat memiliki rumah yang nyaman untuk dihuni.

Kembali ke masalah ketinggian lantai 2 rumah bertingkat. Ketika rumah bertingkat anda tidak terlalu tinggi tentu tidak jadi masalah apabila kamar tidur diletakkan pada lantai 2. Kenapa demikian? Ketika kamar tidur diletakkan pada lantai 2, jelas privacy anda lebih terjaga. Seperti halnya rumah bertingkat ini, kamar tidur utama dan kamar tidur anak berada pada lantai 2. Pada lantai 1 memang ada sebuah kamar yang difungsikan sebagai kantor (jika anda mau ini bisa dijadikan kamar tidur anak lainnya). Perhatikan denah di bawah ini, mungkin anda tertarik untuk membuatnya menjadi rumah anda :-)
Denah Lantai 1Denah Lantai 2

Ada banyak keuntungan yang didapat jika membuat tinggi lantai 2 rumah bertingkat anda tidak terlalu tinggi (3 meter saja). Anda bisa berhemat dalam pemakaian AC untuk mendinginkan ruangan karena volume ruangan yang tidak terlalu besar untuk didinginkan. Mudah dalam perawatan karena hampir bisa dipastikan tidak terlalu sulit bagi anda untuk membersihkan plafon atau mengganti lampu yang rusak.


Sumber diambil dari Davinci Haus
Tag : Artikel

Back To Top