Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Berapa Ukuran Dapur Yang Ideal?

Ukuran  atau luas sebuah dapur sangat bervariasi, tidak ada ukuran standar yang baku. Ukuran dapur menjadi ideal, tentunya ukuran atau luas dapur cocok dengan rumah dan sesuai keinginan si empunya rumah, karena masing-masing orang tentu berbeda klasifikasi mana yang ideal menurut mereka.
Bagi orang yang memiliki rumah besar (misal, rumah type 100) tentu ukuran dapur yang ideal menurutnya lebih besar ukurannya dengan orang yang memiliki rumah type 54. Tapi itu tidak berarti bahwa semakin besar sebuah rumah maka semakin luas pula dapurnya. :-)

Contoh ukuran dapur yang ideal
Gambar di bawah ini memperlihatkan bahwa masing-masing dapur tersebut mempunyai luas yang berbeda namun ideal pada rumah dimana dapur itu berada.
Contoh rumah dengan dapur 1,5 x 3 meter
Denah rumah dengan dapur ukuran 1,5 x 3 m 

Contoh rumah dengan dapur 2,5 x 3,25 meter
Denah rumah dengan dapur ukuran 2,5 x 3,25 m



Pada denah type 54, mempunyai dapur seluas 4,5 m2 dengan ukuran 1,5 m x 3 m merupakan sebuah ukuran yang sangat ideal karena total luas lantai rumah ini adalah 54 m2 saja. Sedangkan pada gambar denah type 100 terlihat bahwa dapur dengan ukuran 2,5 m x 3,25 m atau seluas 8,12 m2 baru pantas dikatakan ideal untuk ukuran rumah tersebut.

Membuat dapur yang ideal, juga dipengaruhi dengan pola penempatan kitchen set di dalamnya. Bisa saja dapur yang secara luas bisa dikatakan kecil namun ketika tepat dalam memilih pola atau penempatan kitchen set di dalamnya sehingga membuat dapur / kitchen set itu nyaman digunakan dan dapat dikatakan ideal. Hal itu disebabkan pola kitchen set bentuk I, bentuk L, dan bentuk U atau bentuk sejajar membutuhkan luas dan ukuran yang berbeda-beda.
Tag : Kitchen Set

Back To Top