Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Bermacam Bentuk Dan Model Tangga

Setelah mengetahui teori dan rumus membuat tangga yang nyaman, kita melanjutkan pada bentuk dan model tangga yang bagaimana yang diinginkan. Bentuk dan model tangga ini harus cocok atau tepat dengan ruangan dimana tangga itu berada.

Berdasarkan denahnya, bentuk tangga dapat dikelompokkan sebagai berikut; tangga bentuk U, tangga 2 bordes, tangga spiral, tangga bentuk L, dan tangga lurus. Sedangkan tangga melayang masuk dalam kategori tangga spiral.
Bermacam Bentuk Tangga

Model tangga sangat erat kaitannya dengan handrail yang akan digunakan pada tangga. Ada model klasik, semi klasik, modern atau minimalis dan lain sebagainya. Tergantung selera, namun harus selaras dengan model rumah.


Handrail tangga sangat banyak modelnya, ada yang terbuat dari kayu, besi tempa, besi hollow, stainless steel, kaca tempered dan lain-lain.

Struktur atau konstruksi tangga juga bisa mempengaruhi model tangga. Secara konvensional tangga terdiri dari plat tangga (slab), anak tangga dan handrail tangga. Kemajuan teknologi yang berkembang memungkinkan tangga dibuat dengan berbagai teknik. Seperti model tangga di bawah ini terbentuk dari struktur tangga itu sendiri.

Struktur Tangga

Tag : Artikel, Tangga

Back To Top