Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Cara Membangun Rumah: Pekerjaan Dinding Dan Kusen

Pada website ini kami akan menguraikan tulisan bagaimana cara membangun rumah.
Tujuannya adalah untuk lebih memudahkan pengunjung dalam memahami dan mengetahui bagaimana cara membangun rumah berdasarkan urutan pekerjaan yang mesti dilakukan. Setelah melakukan Pekerjaan Kap dan Atap pada tulisan sebelumnya, kita lanjutkan pada Pekerjaan Dinding dan Kusen.

Ketika melaksanakan pekerjaan dinding, pekerjaan pemasangan kusen pintu dan kusen jendela dikerjakan secara bersamaan kecuali apabila menggunakan kusen UPVC. Dalam contoh ini untuk kusen pintu kita tetap menggunakan kusen kayu sedangkan kusen jendela digunakan kusen upvc. Kusen dan jendela upvc akan dipasang setelah pekerjaan plesteran selesai dilakukan.

Contoh rumah setelah selesai pekerjaan dinding dan kusen
Teknik yang digunakan sebenarnya sangat sederhana yaitu lot dan slang air. Pemasangan dinding batu bata harus benar-benar lot (tegak lurus), tujuannya supaya saat memplester nanti bisa sama ketebalan plesterannya. Perhatikan cara tukang memasang kusen saat membangun rumah anda. Pemasangan kusen pintu juga harus tegak lurus dan sama ketinggian ambang atas kusennya dengan timbangan slang air agar pada saat memasang daun pintu nanti akan mudah dilakukan. Saya menyarankan dinding terluar sebaiknya menggunakan pasangan 1 batu (tebal 20 cm), tujuannya nanti untuk menjaga kondisi atau kenyamanan dalam rumah. Selain itu tampilan rumahpun akan lebih kelihatan kokoh.

Pada saat melaksanakan pekerjaan dinding dan kusen ini harus diingat bahwa sebelum diplester, jangan sampai terlupakan melakukan pemasangan instalasi yang telah direncanakan. Seperti instalasi air, instalasi listrik, telepon, tv kabel atau cctv. Hal ini untuk menghindari agar jangan sampai kita membobok dinding yang sudah diplester, selain menambah biaya pembangunan, mungkin akan kelihatan bekasnya.
Perbandingan adukan atau campuran semen dan pasir yang digunakan pada pemasangan batu bata dan plesteran ini adalah 1 : 4. Jangan gunakan campuran semen yang sudah lebih dari 4 jam karena daya rekat semen sudah hilang (cheating).
Dengan sudah adanya kolom/tiang, pemasangan dinding bata dan kusen akan lebih cepat karena tidak perlu khawatir dinding itu akan roboh disaat pemasangannya sudah mencapai ketinggian 1,2 meter. Inilah keuntungannya jika membangun rumah dengan mendahulukan pekerjaan struktur.


Analisa harga satuan pekerjaan dinding

Di bawah ini adalah contoh cara menghitung harga satuan untuk pekerjaan pemasangan dinding batubata dan plesteran per meter bujursangkar.
Analisa ini berdasarkan Analisa Harga SNI 2008, angka yang terdapat pada kolom indeks adalah merupakan faktor pengali atau koefisien sebagai dasar perhitungan biaya bahan dan upah.

Analisa memasang 1 m2 dinding bata merah tebal ½ bata, campuran spesi 1 PC : 4 PP

Kebutuhan Satuan Indeks Harga
Satuan
Bahan/Upah
(Rp.)
Jumlah
(Rp.)
Bahan Bata merah bh 70,000 -
Portland Cement kg 11,500 -
Pasir pasang m3 0,043 -
Tenaga kerja Pekerja OH 0,300 -
Tukang batu OH 0,100 -
Kepala Tukang OH 0,010 -
Mandor OH 0,015 -
Jumlah harga per satuan pekerjaan -
Analisa Membuat 1 m2 Plesteran 1 PC : 4 PP, tebal 15 mm

Kebutuhan Satuan Indeks Harga
Satuan
Bahan/Upah
(Rp.)
Jumlah
(Rp.)
Bahan Portland Cement kg 6,240 -
Pasir pasang m3 0,024 -
Tenaga kerja Pekerja OH 0,300 -
Tukang batu OH 0,150 -
Kepala Tukang OH 0,015 -
Mandor OH 0,015 -
Jumlah harga per satuan pekerjaan -

Demikianlah cara membangun rumah untuk pekerjaan dinding dan kusen. Setelah melakukan pekerjaan dinding dan kusen ini kita akan melanjutkan pada pekerjaan berikutnya yaitu: Pekerjaan Rangka Plafon dan Plafon.

Back To Top