Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Cara Membangun Rumah: Pekerjaan Instalasi Listrik

Pada website ini kami akan menguraikan tulisan bagaimana cara membangun rumah.
Tujuannya adalah untuk lebih memudahkan pengunjung dalam memahami dan mengetahui bagaimana cara membangun rumah berdasarkan urutan pekerjaan yang mesti dilakukan.
Setelah melakukan Pekerjaan Plafon kita melanjutkan pekerjaan pada tahap berikutnya yaitu: Pekerjaan Instalasi Listrik.

Dalam pekerjaan instalasi listrik ada beberapa item yang menjadi bagian dalam pekerjaan itu yang telah dilakukan sebelumnya. Seperti pemasangan pipa-pipa untuk jalur instalasi yang tertanam di dalam dinding atau di dalam plat atau dag beton dilakukan pada saat 'pekerjaan beton bertulang' dan 'pekerjaan dinding' dilakukan.
Pada sebuah rumah, instalasi listrik adalah suatu sarana yang selalu digunakan setiap hari. Atau bisa dikatakan setiap detik.
Jadi jangan pernah menyepelekan pekerjaan instalasi listrik ini. Anda bisa menanggung akibat yang fatal jika melakukan pekerjaan instalasi listrik ini secara serampangan, seperti terjadinya kebakaran karena arus pendek.

box panel listrik

Bagi para pemilik rumah sebaiknya mempercayakan pekerjaan instalasi listrik kepada biro instalasi listrik yang berpengalaman dan dapat dipertanggung jawabkan pekerjaannya.
Untuk mendapatkan hasil yang bagus, tentu ada beberapa hal yang perlu diutarakan oleh pemilik rumah tentang keinginannya terhadap instalasi listrik rumahnya. Misalnya; kebutuhan pemakaian AC di setiap kamar tidur, stop kontak yang posisinya rendah harus ada pengaman agar anak-anak terlindung dari sengatan arus listrik, dan mungkin juga ingin ada tambahan kabel antena TV, telephone, CCTV yang biasanya dilakukan bersamaan dengan pekerjaan instalasi listrik ini.


Beberapa hal umum yang perlu diperhatikan dalam pekerjaan instalasi listrik:
  1. Pipa-pipa yang ditanamkan sebagai sarana jalur kabel-kabel harus berkwalitas baik.
  2. Kabel yang digunakan harus sesuai standar.
  3. Minta biro instalasi untuk membuat pembagian beban listrik dengan benar.
  4. Pastikan bahwa instalasi listrik rumah anda aman dengan menanyakan kepada instalator apakah instalasi listriknya mempunyai arde dan grounding ke tanah. 
  5. Pilih bentuk sakelar, stop kontak, fitting lampu sesuai dengan keinginan anda.
  6. Gunakan lampu LED agar hemat energi.
Demikianlah cara membangun rumah untuk pekerjaan instalasi listrik. Setelah melakukan pekerjaan instalasi listrik ini kita akan melanjutkan pada pekerjaan berikutnya yaitu: Pekerjaan Instalasi Air atau Sanitasi.

Back To Top