Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Cara Membangun Rumah: Pekerjaan Kap Dan Atap

Pada website ini kami akan menguraikan tulisan bagaimana cara membangun rumah.
Tujuannya adalah untuk lebih memudahkan pengunjung dalam memahami dan mengetahui bagaimana cara membangun rumah berdasarkan urutan pekerjaan yang mesti dilakukan.
Setelah melakukan pengecoran ring balok seperti yang telah dibahas pada tulisan cara membangun rumah sebelumnya (Pekerjaan Beton Bertulang), kita memasuki tahap Pekerjaan Kap dan Atap.

Pengawasan anda diperlukan pada tahap ini. Dulu, pekerjaan kap atap untuk rumah tinggal biasanya dibuat dari bahan kayu. Dimana kayu diolah dan dirakit menjadi rangka kuda-kuda, gording, kayu dan reng sehingga membentuk kap atap.

Jika dilihat dari Rencana Anggaran Biaya, yaitu dokumen yang selalu bersamaan dibuat dengan gambar bestek, Pekerjaan Kap dan Atap diuraikan lagi menjadi beberapa item pekerjaan seperti berikut:
  1. Pasangan kuda-kuda.
  2. Pasangan gording.
  3. Pasangan kap atap.
  4. Pasangan jurai dalam (talang).
  5. Pasangan bumbungan (perabung).
  6. Pasangan bola-bola.
  7. Pasangan lisplank.
  8. Pasangan atap.

Namun saat ini, sudah tidak asing lagi orang menggunakan rangka kuda-kuda yang terbuat dari baja ringan dan kelompok pekerjaannya sudah dijadikan paket saja;
  1. Pemasangan kuda-kuda baja ringan (sudah termasuk reng).
  2. Pemasangan atap (sudah termasuk lisplank, perabung dan talang).

Kenapa diperlukan pengawasan yang ketat pada pekerjaan kap dan atap ini?

1. Pemasangan kuda-kuda baja ringan
Yang perlu diperhatikan dalam pekerjaan ini adalah material baja ringan yang digunakan, banyak merek yang beredar di pasaran dan menawarkan harga yang kompetitif. Jarak antar kuda-kuda harus sesuai dan mampu menahan beban atap yang dipikulnya (ada program yang menghitungnya). Sudut kemiringan atap jangan kurang dari 30 derajat (saya merekomendasikan 35 derajat). Semakin berat material atap yang digunakan semakin rapat jarak antar kuda-kuda baja ringannya, jika memakai atap genteng keramik sebaiknya jarak kuda-kuda baja ringan maksimal 120 cm.
2. Pemasangan Atap
Pada pekerjaan ini adalah pilihan. Ya, atap jenis apa yang anda inginkan untuk dipasang di rumah anda. Untuk iklim di Indonesia saya lebih menyarankan menggunakan atap genteng. Pilihlah atap genteng yang interlocking atau double interlocking agar kemungkinan bocor dapat dihindari. Dengan menggunakan atap genteng rumah akan terasa lebih sejuk jika dibandingkan dengan material lainnya.

Sebagaimana  tulisan sebelumnya, pada tulisan cara membangun rumah tahap pekerjaan kap dan atap ini kita menerapkan gambar yang dibuat sebelumnya. Menggunakan kuda-kuda baja ringan dengan kemiringan atap 35 derajat serta memakai atap genteng sebagai atapnya.

Pekerjaan atap
Contoh rumah setelah dikerjakan pekerjaan atap
Demikianlah cara membangun rumah untuk pekerjaan kap dan atap. Setelah selesai memasang atap pada rumah yang kita bangun, barulah kita mulai melakukan Pekerjaan Dinding dan Kusen.



Back To Top