Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Cara Membangun Rumah: Pekerjaan Pintu Jendela Dan Penggantung

Pada website ini kami akan menguraikan tulisan bagaimana cara membangun rumah. Tujuannya adalah untuk lebih memudahkan pengunjung dalam memahami dan mengetahui bagaimana cara membangun rumah berdasarkan urutan pekerjaan yang mesti dilakukan.

Kunci Pintu

Setelah melakukan Pekerjaan Lantai, kita melanjutkan pekerjaan berikutnya yaitu Pekerjaan Pintu Jendela dan Penggantungnya. Sesuai dengan yang telah disampaikan sebelumnya bahwa kita akan menguraikan pekerjaan yang terdapat pada desain rumah yang telah dijelaskan pada Pekerjaan Pendahuluan, dimana pada rumah ini memakai pintu panel dan jendela yang digunakan adalah jendela upvc.

Item pekerjaan yang terdapat dalam pekerjaan pintu adalah sebagai berikut:
  1. Pemasangan pintu panel
  2. Pemasangan kunci tanam 2 slag
  3. Pemasangan engsel 4"
  4. Pemasangan door stopper
Pemasangan Pintu Panel
Pekerjaan ini adalah memasangkan pintu ke kusennya. Umumnya ukurannya pasti berlebih dari ukuran kusen pintu anda. Ini memerlukan tenaga tukang yang ahli untuk memasangnya. Jika tidak, anda akan menemukan berbagai masalah nantinya seperti; pintu tidak bisa menutup dengan rapat, pintu bergesek dengan lantai sehingga akan susah untuk membuka atau menutupnya.

Pemasangan Kunci Tanam 2 Slag
Yang dimaksud dengan kunci tanam 2 slag adalah dua kali putar, dimana ketika anda mengunci pintu anda melakukan dengan dua kali putaran (akan terdengar bunyi 2 kali klik) pertanda lidah kunci telah jauh masuk ke dalam kusen dan pintu anda telah terkunci dengan sempurna.
Anak kunci yang disediakan oleh pabrik biasanya 3 buah. Pada merk tertentu, anda bisa memesan satu anak kunci yang bisa membuka semua pintu yang terdapat di rumah anda atau yang dikenal dengan Master key.

Pemasangan Engsel 4"
Engsel yang digunakan untuk menggantung pintu panel minimal 4", namun jika pintu panel anda terbuat dari kayu kelas I yang cukup berat atau ukuran pintu anda lebih besar dari ukuran standar disarankan untuk menggunakan engsel 5".
Pada masing-masing pintu sebaiknya menggunakan 3 buah engsel (atas, tengah dan bawah). Posisi engsel bagian tengah letakkan agak ke atas (kira-kira 30 cm dari garis tengah pintu), ini bertujuan agar engsel tersebut dapat berfungsi menahan beban berat pintu dengan baik.

Pemasangan Door Stopper
Door stopper ini berfungsi sebagai penahan pintu ketika dibuka. Dan juga berfungsi melindungi cat dinding rumah anda agar tidak bersinggunan dengan handle pintu saat pintu terbuka penuh.
Sementara itu pada rumah yang mempunyai pintu double (pintu utama) kunci tanam yang digunakan adalah kunci pelor dan akan ada tambahan aksesoris lainnya seperti; grendel tanam, handle pintu, perangkap pasir dan lobang intip (jika perlu).


Item pekerjaan yang terdapat dalam pekerjaan jendela adalah sebagai berikut:
  1. Pemasangan jendela
  2. Pemasangan engsel 3"
  3. Pemasangan grendel
  4. Pemasangan hak angin
  5. Pemasangan tangan-tangan
Item pemasangan jendela dan pemasangan engsel 3" sama halnya dengan item yang terdapat pada pekerjaan pintu.

Pemasangan Grendel
Grendel jendela berfungsi sebagai pengunci jendela ketika ditutup. Jadi pastikan bahwa grendel ini terpasang dengan baik sehingga jendela anda terkunci sempurna.

Pemasangan Hak Angin
Hak angin berfungsi sebagai penahan jendela dalam posisi terbuka.

Pemasangan Tangan-Tangan
Tangan-tangan atau handle jendela adalah semacam tuas yang digunakan untuk mengoperasikan jendela.

Saat ini ada juga aksesoris jendela yang dikenal dengan istilah engsel salon, rambuncis, dan  ramskar.

Engsel salon digunakan sebagai pengganti hak angin, yang mana engsel ini dapat berfungsi sebagai penahan jendela ketika dibuka. Kelebihannya, kita dapat menstel sendiri seberapa besar bukaan jendela yang kita inginkan.

Rambuncis pada jendela mempunyai 2 fungsi sekaligus yaitu; berfungsi sebagai handle dan berfunsi juga sebagai pengunci jendela (grendel).

Ramskar. Pada jendela ramskar dapat menggantikan fungsi hak angin sebagai penahan jendela ketika dibuka, sebagai tangan-tangan dan juga sebagai pengunci jendela.

Back To Top