Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Cara Membangun Rumah: Pekerjaan Plafon

Pada website ini kami akan menguraikan tulisan bagaimana cara membangun rumah.
Tujuannya adalah untuk lebih memudahkan pengunjung dalam memahami dan mengetahui bagaimana cara membangun rumah berdasarkan urutan pekerjaan yang mesti dilakukan.
Setelah melakukan Pekerjaan Dinding dan Kusen kita melanjutkan pekerjaan pada tahap berikutnya yaitu pekerjaan plafon. Artinya pekerjaan plafon mulai dilakukan setelah dinding selesai diplester dan diaci.
Plafon Rumah Bu Linda

Tentukan jenis dan ketinggian plafon

Sebelum melakukan pekerjaan plafon, sebaiknya tentukan dulu jenis atau material yang akan digunakan karena saat ini sangat banyak berbagai macam jenis plafon yang ditawarkan oleh produsen dan masing-masing jenis plafon tersebut tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya.
Setelah itu tentukan desain atau motif plafon yang akan diterapkan, lalu tetapkan berapa ketinggian plafon pada rumah anda.

Apa bahan atau material yang terbaik untuk rangka plafon?

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya menyarankan sebagai berikut;
Jika anda membangun rumah bertingkat, rangka plafon pada lantai dasar gunakanlah rangka hollow atau puring (aluminium), sedangkan untuk lantai atas sebaiknya rangka plafonnya menggunakan rangka kayu.
Kenapa demikian?
Kelebihan rangka plafon dari kayu adalah kuat menahan beban. Pemakaian rangka plafon kayu pada lantai atas akan terasa manfaatnya nanti apabila ada situasi yang membuat anda atau tukang untuk naik ke loteng rumah.

Analisa harga satuan pekerjaan plafon

Di bawah ini adalah contoh cara menghitung harga satuan untuk pekerjaan rangka plafon dan plafon. Analisa ini berdasarkan Analisa Harga SNI 2008, angka yang terdapat pada kolom indeks adalah merupakan faktor pengali atau koefisien sebagai dasar perhitungan biaya bahan dan upah.

Analisa memasang 1m2 rangka plafon (60 x 60) cm, kayu kelas II atau III

Kebutuhan Satuan Indeks Harga
Satuan
Bahan/Upah
(Rp.)
Jumlah
(Rp.)
Bahan Kayu kaso (5 x 7 cm) m3 0,016 -
Paku 7 - 10 cm kg 0,250 -
Tenaga kerja Pekerja OH 0,200 -
Tukang Kayu OH 0,300 -
Kepala Tukang OH 0,030 -
Mandor OH 0,010 -
Jumlah harga per satuan pekerjaan -
Analisa memasang 1m2 plafon gypsum 9 mm

Kebutuhan Satuan Indeks Harga
Satuan
Bahan/Upah
(Rp.)
Jumlah
(Rp.)
Bahan Papan gypsum 9 mm lbr 0,364 -
Paku sekrup kg 0,110 -
Tenaga kerja Pekerja OH 0,100 -
Tukang Kayu OH 0,050 -
Kepala Tukang OH 0,005 -
Mandor OH 0,005 -
Jumlah harga per satuan pekerjaan -

Dan bagi anda yang ingin menggunakan rangka plafon puring atau besi hollow, para aplikator biasanya akan memberikan penawaran kepada anda dalam bentuk beberapa paket. Diantaranya sebagai berikut:
  1. Plafon datar, gypsum 9 mm , rangka puring, finishing cat putih seharga Rp. 80.000,- s/d Rp.100.000,- per meter2.
  2. Plafon bertingkat (drop ceiling), rangka puring, finishing cat putih seharga Rp. 110.000,- s/d Rp. 150.000,- per meter 2. (tergantung berapa buah tingkatnya)
*harga ini adalah harga pada saat tulisan ini diposting

Demikianlah cara membangun rumah untuk pekerjaan rangka plafon dan plafon. Setelah melakukan pekerjaan rangka plafon dan plafon ini kita akan melanjutkan pada pekerjaan berikutnya yaitu: Pekerjaan Instalasi Listrik.

Back To Top