Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Cara Mengisi Nat Keramik Atau Granit

Proses pengisian nat keramik atau granit sering dianggap sebagai sebuah pekerjaan yang sepele pada saat membangun rumah atau bangunan lainnya. Padahal mengisi nat pada lantai keramik atau granit merupakan sebuah pekerjaan finishing (terakhir) dari semua pekerjaan lantai. Tidak ada lagi perlakuan pekerjaan yang akan dikerjakan pada lantai setelah diisi nat nya.
Oleh karena itu, sebaiknya proses pengisian nat keramik atau granit pada rumah anda dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai dengan instruksi pelaksanaannya.
Cara Mengisi Nat Keramik

Berikut tahapan cara mengisi nat keramik atau granit: tahap persiapan, tahap pencampuran dan tahap aplikasi.


1. Tahap Persiapan
  • Proses pengisian nat keramik atau granit sebaiknya dilakukan minimal 24 jam setelah pemasangan lantai dilakukan. Jangan terlalu lama karena akan banyak sekali kotoran yang masuk ke dalam celah nat tersebut.
  • Bersihkan keramik atau granit dan celahnya.
  • Untuk kondisi lapangan yang panas, sebaiknya lembabkan dulu celah nat tersebut dengan menggunakan spon atau kain basah.
2. Tahap Pencampuran (di bawah ini contoh untuk lantai granit yang memakai epoxy tile grout)
  • Tuangkan cairan (komponen A dan komponen B) ke dalam wadah pencampur dan aduk hingga rata.
  • Tuangkan tepung (komponen C) sedikit demi sedikit ke dalam wadah pencampur tadi dan aduk rata sampai berbentuk pasta.
3. Tahap Aplikasi
  • Isi celah nat granit dengan menggunakan trowel karet yang bersih dengan arah diagonal (menyilang). Pastikan celah nat granit terisi dengan rata.
  • Bersihkan sisa pengisi nat granit yang terdapat pada permukaan granit dengan spon atau kain basah. Jangan sampai menunggu lama supaya campuran tadi tidak mengeras.
  • Biarkan mengering sempurna selama 24 jam. Apabila anda tetap melintas atau lalu lalang di areal tersebut ada kemungkinan kotoran akan menempel pada nat tadi.
Pada pengisian nat keramik atau granit untuk kolam dan bak air, dianjurkan menunggu selama 7 hari sebelum pengisian air.
Sangat dianjurkan membuat campuran secukupnya, agar campuran habis terpakai dalam waktu 1 jam. Dengan mengikuti semua proses pengisian nat keramik atau granit di atas, anda akan berhemat dan hasil yang akan anda dapat bisa optimal. Semoga bermanfaat.
Tag : Lantai, Material

Back To Top