Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Contoh Rumah Minimalis Tipe 80 (1 LANTAI)

Contoh desain rumah minimalis
Contoh rumah minimalis tipe 80
Contoh tampilan rumah minimalis dengan luas lantai 80 meter persegi di atas tanah seluas 198 m2 dengan ukuran tanah 9 m x 22 m. Desain rumah minimalis tipe 80 ini dibuat tidak bertingkat karena lahannya cukup mumpuni untuk dibuat 1 lantai saja.


Pada denah di bawah terlihat bahwa rumah minimalis tipe 80 m2 ini memiliki kamar tidur utama yang cukup luas yaitu 12,75 m2 tidak termasuk kamar mandi (luas bersih) sedangkan kamar tidur anak juga memiliki luas lantai yang cukup melebihi standar luas sebuah kamar tidur yaitu 9 m2 dan 11,25 m2.
Antara ruang tamu dan ruang keluarga serta ruang makan tidak diberi sekat atau dinding pembatas agar kesan luas akan lebih terasa. Sebagai pembatas secara visual ditempatkan lemari pajang yang sewaktu-waktu bisa digeser apabila penghuni rumah membutuhkannya.
Dapur didesain dengan konsep linier atau memanjang yang memiliki pintu akses dan ditempatkan di bagian depan dekat car port dengan maksud menciptakan sirkulasi yang bagus antar ruang, contohnya, ketika seseorang sedang menerima tamu di ruang tamu maka anggota keluarga yang lain bisa menggunakan pintu dapur ini untuk masuk ke dalam rumah. Penempatan posisi kamar mandi pada rumah type 80 ini diatur sedemikian rupa agar mudah pencapaian baik itu dari kamar tidur anak maupun dari dapur.
denah rumah minimalis tipe 80
Denah rumah minimalis tipe 80

Atas permintaan penghuni, rumah minimalis tipe 80 ini didesain dengan memiliki halaman depan dan belakang yang dapat diakses tanpa harus masuk ke dalam rumah maka disisakan 1 meter antara rumah dengan pagar pembatas samping. Jadi ketika sedang melakukan hobi berkebun, mereka tidak akan mengotorkan lantai rumahnya. Untuk keamanan pada bagian samping rumah tersebut bisa dibuat pintu tambahan (contohnya: pintu rangka besi).

Back To Top