Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Conwood Material Inovatif Pengganti Kayu

Ketertarikan orang terhadap kayu sebagai bahan material untuk sebuah rumah tak dapat dipungkiri. Keunikan warna kayu, urat maupun teksturnya dapat menimbulkan kesan dan suasana yang alami. Namun karena semakin terbatasnya lahan atau hutan yang menjadi sumber atau tempat kayu dihasilkan, membuat kayu saat ini semakin langka dan mahal harganya.
Tak kehilangan akal, sekarang ini telah ada diproduksi Conwood, yaitu material yang inovatif pengganti kayu yang lebih kuat dan mampu menyerupai seperti kayu. Produk ini bisa diaplikasikan hampir di seluruh bagian rumah, baik itu untuk luar maupun di dalam rumah. Mulai dari lisplank, plafon, partisi, anak tangga, lantai deck maupun pagar rumah.

Dinding rumah yang dilapisi Conwood
Contoh dinding rumah dilapisi Conwood
Conwood memang sengaja diproduksi untuk memberikan tampilan seperti kayu. Material ini terbuat dari 70 persen semen dan 30 persen serat selulosa yang ramah lingkungan. Campuran kedua bahan tersebut dibuat seperti adonan yang kemudian disusun berlapis-lapis menjadi lembaran dengan berbagai ukuran panjang, lebar dan ketebalannya.


Ukuran lebar dan ketebalan Conwood dibuat dan dicocokkan untuk pengaplikasikannya pada rumah, seperti:
  1. Lantai. Ukuran tebal, lebar, dan panjang lembaran Conwood yang digunakan untuk lantai adalah 2,5 cm x 30 cm x 305 cm.
  2. Dinding. Ukuran tebal, lebar, dan panjang lembaran Conwood yang digunakan untuk material pelapis dinding adalah 1,1 cm x 20 cm x 305 cm.
  3. Lisplank. Ukuran tebal, lebar, dan panjang lembaran Conwood yang digunakan untuk lisplank adalah 1,6 cm x 15 cm x 305 cm.
Sebagai material inovatif yang dibuat untuk menggantikan kayu, permukaan Conwood juga memiliki tekstur seperti yang terdapat pada kayu. Ketika mengaplikasikannya, material ini juga bisa dipotong dengan gergaji layaknya pengerjaan pada kayu dan dipasangkan dengan menggunakan sekrup.

Kelebihan Conwood dari pada kayu adalah material ini anti rayap dan tidak akan mengalami muai susut. Dan apabila diaplikasikan di bagian luar rumah, material ini tidak akan lapuk karena Conwood tidak menyerap air.

Untuk mendapatkan hasil akhir yang benar-benar menyerupai kayu. Pada material ini dilakukan tahap finishing dengan menggunakan cat jenis fibercoat yang diproduksi oleh Propan. Karena produksi Conwood dikeluarkan dari pabrik dalam bentuk lembaran-lembaran dengan warna dasar putih dan abu-abu. Dimana hal ini akan membuat konsumen menjadi lebih leluasa dalam menentukan warna saat finishing nantinya.
Tag : Dinding, Material

Back To Top