Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Desain Rumah Bertingkat Minimalis Type 140

Membuat desain rumah bertingkat agar mempunyai tampilan yang menarik tidak sesulit daripada mendesain rumah yang tidak bertingkat karena secara teknis rumah tersebut sudah memiliki ketinggian bangunan yang mampu menarik perhatian orang lain. Banyak tempat atau bidang yang bisa dijadikan untuk mengkreasikan bentuk rumah bertingkat tersebut. Pada contoh desain rumah bertingkat berikut ini adalah bagaimana membuat desain rumah type 140 dengan style atau gaya minimalis modern.

Rumah bertingkat minimalis type 140
Desain Rumah Bertingkat Minimalis Type 140
Lahan yang akan dibangun rumah bertingkat ini adalah 170 m2 dengan ukuran 11,5 m x 14,75 m. Desain rumah type 140 ini diharapkan oleh owner untuk nyaman ditempati nanti. Semua kamar tidur ditempatkan pada lantai atas kecuali kamar tidur pembantu. Tujuannya adalah untuk lebih suasana pada kamar tidur lebih privacy. Hal ini lebih dipertegas lagi dengan menyediakan ruang keluarga di lantai 2 serta balkon yang cukup luas yang dapat digunakan untuk duduk santai bersama keluarga.


Selain pintu utama yang menjadi akses masuk, rumah bertingkat type 140 ini juga bisa diakses dari pintu dapur yang terletak dekat carport serta pintu besi samping yang langsung menuju ke kamar pembantu. Penempatan kamar tidur pembantu pada sisi kiri dan menyediakan kamar mandi sendiri, membuat area servis rumah minimalis ini menjadi terkonsentrasi. Dapat dilihat dari sirkulasinya, dimana dapur, kamar pembantu dan kamar mandi serta jemuran pakaian mudah dicapai satu sama lainnya.
Denah rumah bertingkat minimalis type 140

Tampak rumah bertingkat minimalis type 140

Memiliki dapur modern yang luas juga merupakan keinginan penghuni. Hal ini dijawab dengan desain dapur yang berukuran 3,5 m x 3 m (luas = 10,5 m2) dan desain yang lebih terbuka sehingga tidak dipungkiri bahwa dapur rumah type 140 ini benar-benar terasa luas.
Jika dilihat sepintas denah lantai 1 rumah bertingkat ini seperti hanya memiliki 1 buah kamar mandi yang diperuntukkan untuk pembantu.
Tentu bisa timbul pertanyaan bagaimana nanti apabila ada tamu yang mau numpang ke toilet?
Jawabannya, kamar mandi satu lagi yang bisa diigunakan oleh tamu berada di bawah bordes tangga.

Pada bagian belakang rumah minimalis type 140 terdapat teras dengan ukuran 3 m x 3,5 m yang menghadap langsung pada taman atau halaman belakang. Taman belakang rumah ini sengaja didesain pada posisi tersebut agar bisa dinikmati dari berbagai ruang lainnya seperti ruang keluarga di lantai 1 dan ruang keluarga di lantai 2 serta dari balkon pada lantai 2.
Rumah bertingkat minimalis ini mempunyai void, dimana dari ruang keluarga lantai 2 bisa melihat langsung ke ruang tamu di lantai 1.

Back To Top