Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Desain Rumah Di Bawah Kantor Di Atas

Pada tulisan ini saya ingin menampilkan sebuah desain rumah tinggal yang sekaligus menjadi kantor tempat bekerja si pemiliknya.
Hal ini bermula pada pertengahan tahun 2015 saya diminta oleh klien untuk mendesain rumahnya yang sekaligus menjadi tempat bekerja untuk beberapa orang karyawannya. Namun ada hal yang unik yang diinginkan oleh beliau. Beliau menginginkan rumah untuk tempat tinggal bersama keluarganya berada di lantai dasar dan kantor berada di lantai atas dengan syarat tidak saling mengganggu antara kegiatan rumah dan kegiatan kantor. Hal ini yang menyebabkan beliau memakai jasa saya sebagai arsiteknya. Kalau rumah kantor bertingkat yang biasa beliau jumpai adalah kegiatan berkantor di bawah dan rumah tempat tinggal di lantai atas. Sebagai seseorang yang sangat menyukai taman dan suasana alami tentu akan tidak memungkinkan bagi beliau menikmati taman di sekeliling rumahnya jika berada di lantai atas. Kalau dipaksakan pasti akan mengeluarkan biaya cukup mahal untuk membuat taman di lantai atas.


Setelah mengumpulkan data yang diperlukan, akhirnya saya membuat desain rumah tinggal beliau seperti gambar di bawah ini. Sebagai rumah yang sekaligus menjadi tempat kerja pemiliknya, sudah bisa dipastikan bahwa desain rumah yang diinginkan harus dapat melayani kegiatan harian si pemiliknya agar selalu betah di rumahnya.
Denah Rumah Kantor
Denah Rumah Kantor

Mari kita intip rumah ini...
Halaman
Rumah ini mempunyai halaman depan berukuran 8 m x 18 m. Dengan halaman yang cukup luas ini sangat memungkinkan untuk dapat menampung tamu si pemilik rumah baik itu rekan atau kolega kerja maupun tamu keluarga.

Carport
Rumah ini memang tidak mempunyai garasi. Karena sebagai rumah kantor, ada beberapa karyawan yang tinggal di lantai 2. Artinya dari segi keamanan si pemilik cukup yakin terhadap rumahnya.
Di ujung sisi carport terdapat tangga yang langsung menuju ke lantai 2 yang difungsikan sebagai kantor. Sedangkan di bagian depan sisi sebelah kanan terdapat teras rumah yang diperuntukkan bagi tamu pemilik rumah.

Ruang Tamu
Ruang tamu rumah ini berukuran 4,5 m x 5 m atau lebih kurang luasnya 22,5 m2. Dibuat cukup luas karena selain pengusaha, si pemilik rumah cukup aktif dalam kegiatan sosial masyarakat. Jadi dengan disediakannya ruang tamu ini diharapkan mampu menampung tamu beliau yang cukup banyak.

Foyer
Foyer adalah ruang perantara yang menjadi penghubung antara ruang tamu dan ruang keluarga.

Ruang Keluarga
Sesuai permintaan pemilik, rumah ini mempunyai 2 buah ruang keluarga. Alasannya selama ini memang keluarga beliau hampir selalu berkunjung ke rumah beliau.

Dapur
Dapur rumah ini didesain cukup luas yaitu 36 m2. Selain untuk memasak ruangan ini juga berfungsi sebagai ruang makan.

Teras Samping dan Teras Belakang
Inilah tempat yang menjadi favorit si pemilik rumah. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa beliau sangat menyukai taman dan ruang terbuka.

Kamar Tidur
Semua kamar tidur pada rumah ini memiliki kamar mandi di dalamnya. Konsep kamar yang hampir mirip dengan kamar hotel diterapkan pada rumah ini dimana kamar mandi diletakkan di dekat pintu masuk kamar tidur dan adanya ruang perantara pada kamar tersebut sehingga walaupun pintu kamar terbuka, orang lain tidak bisa langsung melihat ke arah kasur tempat tidur.

Kamar Mandi Untuk Tamu
Kamar mandi untuk para tamu disediakan di sisi kiri rumah dekat tangga naik ke lantai 2. Dapat diakses dari ruang keluarga melalui taman samping kiri. Jadi sebelum sampai kamar mandi, tamu disuguhi dulu keindahan tamannya. Bagi pemilik rumah, ini pula jalur yang dilaluinya naik ke lantai 2 untuk bekerja di kantornya.

Kantor
Kantor terletak di lantai atas. Seluruh lantai pada lantai 2 rumah ini dimanfaatkan untuk kegiatan berkantor dan beberapa kamarnya dijadikan tempat tinggal untuk sebagian karyawannya.

Tampak Rumah Kantor
Tampak Rumah Kantor

Inilah tampak rumah kantor yang kegiatan berkantornya dilakukan di lantai atas sedangkan pada lantai bawah sebagai tempat tinggal si pemilik rumah.

Back To Top