Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Desain Rumah Minimalis Type 85 Di Tanah Hook

Membuat desain rumah di atas tanah yang berada di sudut jalan atau yang dikenal dengan posisi hook diharapkan mempunyai tampilan yang menarik pada salah satu sisi (tampak samping). Bisa jadi samping kiri atau samping kanan bangunan, tergantung posisi tanah di lapangan. Pada contoh desain yang akan dibangun pada tanah hook ini adalah desain rumah dengan model minimalis type 85 dan luas lahan 200 m2 dengan ukuran 12,5 m x 16 m.

Rumah yang berada di posisi tanah hook mempunyai keuntungan dari aspek akses ke rumah tersebut karena dapat dibuat akses masuk dari 2 sisi jalan yang berbeda. Pada desain rumah minimalis type 85 ini terlihat bahwa selain akses utama pada ruang tamu, rumah ini juga diakses dari samping yang langsung masuk ke ruang keluarga. Untuk menimbulkan kesan lapang pada ruang-ruang rumah minimalis type 85 ini, antara ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan dibuat tanpa dinding pembatas antara ruang tersebut.


Kamar tidur utama mempunyai kamar mandi sendiri di dalamnya. Untuk penghuni rumah yang lain disediakan sebuah kamar mandi dengan ukuran 1,75 m x 2 m. Dapur diletakkan di bagian belakang dekat dengan kamar pembantu dan area servis lainnya seperti mencuci, jemuran dikonsentrasikan juga di belakang yang mudah dicapai oleh pembantu.
Denah rumah type 85

Pada bagian depan desain rumah minimalis type 85 terlihat adanya anak tangga sebelum sampai ke teras depan. Anak tangga itu dibuat karena kondisi jalan pada bagian depan rumah ini kondisinya menurun atau yang lebih dikenal kontur tanahnya miring. Dengan kondisi lahan tersebut memberikan kesan lebih menarik pada rumah minimalis ini.

Rumah minimalis type 85

Back To Top