Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Kamar Tidur Utama Dengan Sirkulasi Udara Alami

Jika membuat sirkulasi udara alami di dalam sebuah kamar tidur utama jika didukung oleh faktor lingkungan dimana rumah itu berada mungkin tidaklah terlalu sulit. Artinya apabila kita membangun rumah di daerah yang mempunyai suhu udara yang sejuk, tentu kita tidak khawatir untuk mendapatkan kenyamanan ketika hanya mengandalkan sirkulasi udara alami.

Berbeda ceritanya jika menginginkan sirkulasi udara alami pada daerah yang mempunyai suhu cukup panas. Tentu diperlukan kecermatan dalam desain bangunan/ruangan tersebut.
Ada kalanya muncul permintaan konsumen yang menginginkan kamar tidur utama-nya tidak akan menggunakan AC, jadi untuk sirkulasi udara pada kamar tidur tersebut murni mengharapkan sirkulasi udara alami. Hal ini pernah saya alami ketika mendesain rumah 1 lantai di kota Pekanbaru, untuk diketahui kota Pekanbaru suhu udaranya cukup panas.
Denah kamar tidur utama
Denah Kamar Tidur Utama

Pada denah kamar tidur utama di atas terlihat jendela yang saling berhadapan yang diharapkan akan terbentuk aliran udara.
Rangkaian 3 buah jendela sengaja dipisah dan dibatasi dengan dinding bata bermaksud untuk memberikan kesan teduh pada masing-masing jendela dan pada jendela yang lain sengaja ditempatkan taman agar udara yang mengalir ke kamar tidur utama bisa tersaring oleh tumbuhan itu. Untuk mendapatkan sirkulasi tambahan ditempatkan ceiling exhaust fan di depan pintu, sehingga udara yang masuk ke jendela akan mengalir ke arah pintu.
Alhasil sampai saat ini owner cukup puas dan nyaman walaupun kamar tidur utama ini sama sekali tidak menggunakan AC.. :-)

Tag : Kamar Tidur

Back To Top