Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Kitchen Sink Type Topmount atau Undermount

Sebelum membeli bak cuci piring (sink) untuk dipasangkan pada kitchen set, ada baiknya mengetahui dulu tentang kitchen sink tersebut. Bermacam model dan bentuk yang dijual di pasaran. Perbedaan masing-masing bisa dari segi material dan jumlah keranjangnya (bowl), pilihan tergantung pada selera dan budget yang tersedia untuk itu. Namun ada istilah yang sering diucapkan untuk menentukan type sebuah kitchen sink yaitu type topmount atau type undermount.

Kitchen Sink Type Topmount


Sink Topmount
Sink_Topmount
Perbedaan kitchen sink type topmount dengan type undermount terletak pada cara pemasangannya pada top table (countertop) kitchen set. Kitchen sink type topmount cara pemasangannya adalah dari atas countertop sehingga bibir terluar dari sink tersebut menumpang di atas countertop. Berbeda dengan type undermount yang cara pemasangannya dari bawah countertop (digantung). Dari segi kekokohannya, kedua cara tersebut sama saja karena telah diperhitungkan dari pabrik yang memproduksi sink tersebut.

Kitchen Sink Type Undermount


Sink Undermount
Sink_Undermount

Kelemahan dari kitchen sink type topmount adalah apabila ada air pada top table (countertop), tidak bisa langsung diarahkan ke dalam bak cuci karena terhalang oleh pinggiran sink itu sendiri sebaliknya pada type undermount hal itu dengan mudah dilakukan.
Sedangkan kelemahan dari type undermount hanya tingkat kesulitan pada saat pemasangannya, harus dikerjakan oleh orang yang sudah mempunyai keahlian. Namun demikian pada gambar di bawah ini ditunjukkan cara pemasangan kitchen sink type undermount yang tepat dan benar. :-)

Cara pemasangan sink type undermount
Cara pemasangan sink type undermount

Tag : Kitchen Set

Back To Top