Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Langkah Penting Saat Membuat Kitchen Set

Kitchen set adalah merupakan perabot atau furniture yang terdapat pada sebuah dapur yang dibuat untuk mendukung kegiatan di dapur mulai dari memasak, membersihkan, dan menyimpan. Yang perlu diingat adalah bahwa dapur akan selalu sering digunakan, maka itu buatlah suasana dapur menjadi menyenangkan dan bisa digunakan bertahan dalam waktu yang panjang (kira-kira 20 tahun). Kenapa demikian? Karena ketika membuat kitchen set, anda akan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk itu. Oleh sebab itu penting untuk menentukan langkah-langkah atau tahapan yang harus dilakukan saat membuat kitchen set.
Contoh Kitchen set modern
Contoh kitchen set yang digabung dengan ruang makan
Langkah atau tahapan yang perlu dilakukan ketika membuat sebuah kitchen set:

1. Mencatat atau Memberikan Informasi.
Langkah atau tahapan ini penting terutama bagi anda yang menggunakan jasa arsitek interior untuk mendesain kitchen set anda. Berikan informasi selengkap-lengkapnya, mulai dari; luas ruangan dapur, posisi pintu dan jendela, ketersediaan instalasi air dan listrik, posisi meja dapur yang anda inginkan, dan lain-lain.
Sampaikan juga beberapa hal tentang keluarga anda seperti; jumlah anggota keluarga, gaya hidup dan kebiasaan memasak makanan sehari-hari, kebiasaan berbelanja, dan juga fungsi dapur itu sendiri (hanya memasak, bisa menjadi ruang makan, atau hanya sebagai pengisi waktu).
Selain itu, ukuran tinggi tubuh, kebiasaan tangan kanan atau tangan kiri (kidal) penting disampaikan untuk menentukan ukuran lemari kitchen set dan pola atau alur kitchen set anda.

2. Tentukan kebutuhan ruang penyimpanan anda.
Langkah ini penting dilakukan karena mungkin anda mempunyai keinginan menggunakan dapur sebagai bagian dari tempat penyimpanan dalam rumah anda.

3. Mengelompokkan atau membagi zona dapur.
Tahap ini merupakan bagian tugas dari desainer kitchen set. Setelah mengumpulkan semua informasi tadi, desainer mulai membagi zona pada dapur anda. Secara umum, area (zona) pada kitchen set disebut sebagai berikut:
  1. Consumables
  2. Non-consumables
  3. Cleaning
  4. Preparation
  5. Cooking

4. Menempatkan pada tingkatan ergonomis dengan benar.
Maksud dari tahap atau langkah ini adalah merencanakan tempat penyimpanan barang yang diatur atau ditempatkan sesuai dengan tingkatan ergonomi yang benar sehingga akan menghemat waktu dalam bekerja sehari-hari di dapur tersebut.
  • Barang yang sering digunakan, ditempatkan pada tempat yang mudah dijangkau seperti pada laci atas lemari dasar atau tingkat pertama pada lemari dinding.
  • Barang yang kurang sering digunakan, ditempatkan di atas atau di bawah dari area yang biasa digunakan.
  • Barang yang jarang digunakan, ditempatkan di tingkat atas lemari dinding atau tingkat bawah lemari dasar.
5. Pilih fitting (peralatan) kitchen set yang mendukung dan berkualitas tinggi.
Ingat! Anda akan menggunakan dapur anda setiap hari dan dalam jangka waktu yang lama. Memilih fitting yang mendukung terhadap laci-laci (rel laci) atau pintu (engsel pintu) pada lemari kitchen set artinya fitting (peralatan) tersebut akan memudahkan anda untuk mengambil atau menyimpan kembali barang-barang ke dalam lemari kitchen set sehingga kegiatan di dapur anda menjadi lebih menyenangkan.
Sedangkan langkah atau cara memilih fitting yang berkualitas tinggi adalah untuk mengantisipasi agar jangan cepat rusak, karena sering digunakan.
Tag : Kitchen Set

Back To Top