Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Letak Posisi AC Yang Tepat Pada Kamar Tidur

Setelah menengetahui cara menentukan AC yang tepat untuk kamar tidur, tentu letak posisi AC tersebut harus tepat juga penempatannya. Jika tidak tepat, kenyamanan pada ruangan kamar tidur yang diharapkan tidak akan didapat.

Menentukan letak posisi AC pada kamar tidur yang paling utama sekali diperhatikan adalah menghindari hembusan udara yang keluar dari AC tersebut langsung mengarah ke tempat tidur. Kemudian baru mempertimbangkan hal-hal lain dimana letak AC itu sebaiknya diletakkan.
Pada gambar denah kamar tidur di bawah ini ada beberapa tempat yang bisa dijadikan letak atau posisi AC.
Denah kamar tidur dengan alternatif peletakan ac

Dari 4 titik (A, B, C, dan D) yang memungkinkan untuk dijadikan tempat meletakkan AC pada kamar tidur ini, posisi letak AC pada titik A adalah merupakan tempat yang terbaik untuk meletakkannya. Karena jika dilihat pada titik peletakan yang lain seperti;
Pada titik B dan C, jika AC diletakkan pada titik B, masih ada kemungkinan tempat tidur akan kena hembusan udara langsung dari AC. Di bawahnya ada perabot (meja nakas + lampu tidur) yang bisa rusak atau berbahaya apabila sewaktu-waktu ada air menetes dari AC yang diletakkan di atasnya.
Pada titik D terdapat lemari tanam, jika AC diletakkan di atasnya maka kemungkinan akan bisa juga merusak lemari tersebut ketika ada tetesan air dari AC.


Berikut alasan kenapa posisi titik A adalah merupakan posisi letak AC yang tepat pada kamar tidur di atas:
  1. Hembusan udara yang keluar dari AC tidak langsung ke arah tempat tidur/
  2. Tidak ada perabot kamar lainnya tepat di bawah AC tersebut, tidak perlu khawatir akan ada perabot yang rusak apabila ada tetesan air dari AC.
  3. Mudah pada saat melakukan pemeliharaan (servis) AC, karena area kerja yang lapang.

Bagaimana dengan letak mesin kompresor AC (out door AC)?

Pada umumnya out door AC diletakkan (ditempelkan) pada dinding kamar tidur. Letak out door AC pada posisi ini sebenarnya kurang bagus, karena pada waktu-waktu tertentu anda akan mendengar bunyi getaran mesin kompresor AC sedang bekerja dan itu bisa mengganggu kenyamanan tidur anda. Akan lebih baik anda buatkan tempat khusus untuk out door AC dengan membuat cor beton di atas tanah sehingga getaran kompresor itu langsung teredam ke tanah (bukan dinding kamar) dan anda pun akan bisa membersihkan kompresor AC tersebut dengan mudah.

Tag : Kamar Tidur

Back To Top