Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Membagi Zona Dapur (Kitchen Set)

Sebuah dapur yang baik selalu dimulai dengan perencanaan atau pembagian zona kerja berdasarkan pribadi pemiliknya. Zona kerja dapur yang dimiliki oleh orang kidal berbeda orang yang berkebiasaan kerja menggunakan tangan kanan. Maka dari itu kitchen set yang merupakan tempat atau lemari penyimpanan, dibuat sesuai juga dengan zona kerja tersebut.

Bagaimana cara membagi zona area kerja pada dapur?

Pada gambar ini ditampilkan contoh sebuah dapur (kitchen set) yang telah disusun atau dikelompokkan berdasarkan alur kerja.
Pembagian zona dapur (kitchen set)
Cara membagi zona kitchen set
1. Zona Consumables.
Zona consumbles adalah tempat anda menyimpan barang konsumsi yang bersifat habis terpakai. Secara umum adalah bahan makanan sehari-hari seperti; roti, susu, minuman kaleng, sereal, buah-buahan, sayuran, dan lain-lain. Lebih tepatnya, area ini adalah posisi lemari pendingin (kulkas).

2. Zona Non-consumables.
Zona Non-consumables adalah area penyimpanan atau meletakkan barang (peralatan) yang bersifat tidak habis terpakai seperti; alat pemotong, peralatan memasak, barang pecah belah dan lain-lain.
Aplikasi kitchen set untuk area ini adalah berupa kabinet lemari dasar, lemari dinding, dan stop kontak untuk menjalankan peralatan masak lainnya.


3. Zona Cleaning.
Zona Cleaning adalah area penyimpanan yang terdapat di bawah atau di samping bak cuci piring (kitchen sink) yang dimanfaatkan untuk menyimpan peralatan cuci seperti; sikat, sabun, sabun cair, tempat sampah dan lain-lain.

4. Zona Preparation
Zona Preparation adalah area tempat mempersiapkan makanan sebelum dimasak atau tempat meracik makanan. Lemari yang terdapat pada area kerja ini adalah tempat menyimpan pisau, talenan, mangkok pencampur, dan lain-lain.

5. Zona Cooking
Pada zona cooking inilah tempat anda menyimpan peralatan masak seperti, panci, nampan kue dan kaleng kue.

Dengan membagi area penyimpanan pada dapur (kitchen set) seperti yang diuraikan di atas, akan memudahkan anda untuk mengambil barang yang akan dipakai sesuai dengan apa yang anda kerjakan saat itu. Tentu hal itu bisa menghemat waktu anda dan membuat kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan.

Tag : Kitchen Set

Back To Top