Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Membuat Bentuk Rumah Gaya Minimalis

Contoh desain bentuk rumah bertingkat minimalis yang ditampilkan dalam posting ini adalah tidak sepenuhnya desain saya. Penulis diminta untuk membuat tampak rumah dari denah yang sudah ada. Pada mulanya si pemilik rumah mencoba membangun rumah ini sendiri, artinya tanpa jasa arsitek. Namun dalam masa pelaksanaan atau tepatnya pekerjaan dinding lantai 1 hampir selesai dan bermaksud untuk membuat pembalokan (plat lantai 2), pemilik rumah bingung untuk menempatkan posisi tangga (dimana mau diletakkan). Akhirnya dia minta bantu kepada teman saya untuk mencarikan arsitek bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan itu dan minta untuk membuat bentuk rumah atau tampilan rumahnya gaya minimalis.

Gambar desain rumah minimalis
Tampak Rumah Minimalis


Pada awalnya saya menolak karena kondisi rumah yang sudah 30 persen ini mempunyai tata ruang yang tidak bagus dan kurang proporsi. Jika diperhatikan peletakkan kamar mandi dalam kamar tidur dibuat seperti dipaksakan keberadaannya dan tidak ada akses ke dalam rumah dari garasi. Namun pemilik rumah tidak mau dinding-dinding yang sudah dibuat itu dirobohkan atau dibongkar. Tapi teman saya memaksa untuk membantu temannya itu, saya hanya diminta untuk membuat bentuk atau tampilan rumah gaya minimalis berdasarkan dinding yang sudah dibuat.

Ini adalah gambar denah berdasarkan kondisi yang ada.

Gambar denah rumah konsep desain minimalis
Denah Rumah Minimalis

Berdasarkan kondisi struktur bangunan yang sudah dibuat pada lantai dasar, akhirnya saya bantu dalam menempatkan posisi tangga, kemudian membuat denah lantai 2. Pada lantai 2 rumah bertingkat minimalis ini dibuat 4 buah kamar tidur dan dibuat juga void untuk bisa melihat ruang keluarga lantai dasar. Setelah itu baru dibuat tampak atau bentuk rumah ini dengan gaya minimalis seperti yang diinginkan pemilik rumah.

Struktur bentuk atap ini berbentuk limas dibuat dengan menggunakan rangka kuda-kuda baja ringan. Membuat bentuk atap limas ini menambah kesan minimalis pada rumah ini. Ketinggian bumbungan atapnya bisa lebih rendah dibanding jika menerapkan atap pelana karena bentangan rumah ini cukup panjang.

Back To Top