Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Membuat Dapur / Kitchen Set Yang Nyaman

Pertanyaan ini sering dijumpai ketika seseorang berencana untuk membuat dapur / kitchen set di rumahnya. Semuanya itu berawal dari denah rumah. Dimana posisi ruangan dapur itu diletakan pada rumah anda. Berapa luas ruangan atau ukuran ruang dapur yang disediakan. Cukupkah penerangan yang dibuat untuk menerangi dapur itu di siang hari? Jadi ketika anda ingin membuat dapur atau kitchen set yang nyaman anda harus menyesuaikan dengan denah rumah anda. Jika rasanya sudah pas, barulah desain ruangan dapur itu dengan membuat kitchen set yang anda inginkan.

Untuk dapat membantu anda dalam mendesain atau membuat dapur yang nyaman, saya akan memberikan pola atau bentuk dapur secara garis besar saja. Mudah-mudahan denahnya cocok dengan denah dapur anda. Pola dan bentuk ini dibuat berdasarkan sirkulasi gerakan dalam melaksanakan kegiatan di dalam dapur, memasak. Dalam memasak ada beberapa kegiatan yang dilakukan, meracik bumbu, memasak, mencuci dan menyimpan. Kegiatan ini memerlukan tempat atau posisi masing-masing yang semestinya mudah dijangkau satu sama lainnya sehingga kegiatan memasak menjadi nyaman dilakukan, dan tidak capek...

Contoh desain dapur yang nyaman berdasarkan pola dan denahnya.

Contoh pola gambar dapur
Contoh denah dapur

contoh pola gambar kitchen set
Contoh denah dapur
Dari beberapa contoh denah ini ada beberapa pola atau bentuk dapur, seperti:
  1. Denah dapur yang berbentuk L.
  2. Denah dapur berbentuk U.
  3. Denah dapur yang sejajar dengan dinding.
  4. Dapur atau kitchen set yang digabungkan dengan ruang makan.
Penempatan posisi bak cuci piring (sink) yang menghadap ke jendela, menyediakan meja untuk meracik di dekat kulkas dan penempatan lemari penyimpan lainnya serta posisi kompor yang tepat. Maka dengan penzonaan dapur yang baik akan terbentuk alur sirkulasi ruangan dalam dapur itu sangat baik dan akhirnya suasana nyaman saat memasak akan terwujud.
Tag : Kitchen Set

Back To Top