Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Membuat Kamar Tidur Yang Ada Kamar Mandi

Mempunyai kamar mandi di dalam kamar tidur seperti sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang yang memiliki rumah cukup besar. Namun kadang penempatan posisi kamar mandi ada yang tidak tepat. Misalnya menentukan letak pintu yang tidak tepat sehingga ada ruang yang tidak dapat dimanfaatkan, seperti pada gambar berikut:
Denah Kamar Tidur Dengan Kamar Mandi


Jika diperhatikan pada gambar di atas, posisi pintu kamar mandi pada kamar tidur B lebih baik dari pada posisi pintu kamar mandi yang terdapat pada kamar mandi A. Pada kamar tidur A, sudut ruangan jelas hanya berfungsi sebagai jalur sirkulasi keluar masuk kamar mandi dan penghuni agak sedikit bingung dimana mau diletakkan lemari pakaian. Sedangkan pada kamar tidur B, dengan hanya menggeser letak pintu kamar mandi semua masalah tadi bisa terjawab.

Posisi terbaik meletakkan kamar mandi dekat pintu kamar. Seperti yang biasa kita temui pada kamar mandi di hotel berbintang. Posisi kamar mandi yang demikian secara otomatis tersedia ruang perantara (foyer) pada kamar tidur sehingga berfungsi sebagai penghalang pandangan visual apabila pintu kamar terbuka orang yang berada di luar kamar tidur tidak bisa melihat tempat tidur.

Contoh kamar tidur yang ada kamar mandinya

Namun kadang-kadang kondisinya tidak memungkinkan untuk dibuat seperti gambar di atas karena letak kamar tidur berada di bagian tengah bangunan sehingga apabila dibuat kamar mandi berada dekat pintu kamar tidur, bisa jadi kamar mandi itu tidak mempunyai ventilasi udara.
Mengatasi kondisi tersebut, mungkin perlu dilihat lagi denah rumah. Maksudnya perhatikan sirkulasi pada denah rumah, apabila tidak ada kemungkinan orang lain untuk lalu lalang di depan pintu kamar tidur tadi maka tidak jadi masalah kamar mandinya ditempatkan dimana saja asalkan kamar mandi tersebut bisa mempunyai ventilasi.
Tag : Kamar Tidur

Back To Top