Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Membuat Kitchen Set Yang Ergonomis

Sebelum membuat kitchen set yang ergonomis, ada baiknya untuk memahami dulu apa yang dimaksud "ergonomis". Ergonomi adalah ilmu yang memelajari mengenai sifat dan keterbatasan manusia yang digunakan untuk merancang sistem kerja, sehingga sistem tersebut dapat bekerja dengan baik. Ergonomis adalah kata sifatnya. Jadi membuat kitchen set yang ergonomis artinya membuat sebuah kitchen set yang mempunyai sistem kerja sehingga mampu melayani orang yang menggunakannya dengan baik.

Pada gambar berikut adalah posisi postur tubuh manusia yang biasa terjadi saat berada atau bekerja di dapur.
Tingkat ergonomis tubuh manusia
  1. Posisi tubuh masusia pada orang yang berbaju warna merah adalah posisi tubuh yang sangat stres yang dirasakan oleh tubuh manusia. Pada dapur ini terjadi ketika berusaha mengambil barang yang terletak pada bagian paling dalam di lemari dasar.
  2. Posisi tubuh orang yang berbaju warna orange juga mengalami stres pada tubuhnya tapi tidak separah yang berbaju merah.
  3. Posisi tubuh orang yang berbaju kuning adalah posisi hanya merasakan sedikit sekali rasa stres pada tubuhnya.
  4. Sedangkan posisi orang yang berbaju biru adalah posisi normal.

Jika melihat dari gambar di atas tentu kita akan menilai bahwa kitchen set atau dapur pada gambar tersebut tidak ergonomis karena masih terjadi posisi yang sangat tidak nyaman pada tubuh orang yang menggunakannya.

Bagaimana cara mengatasinya?

Pertanyaan ini muncul karena posisi barang yang terletak pada posisi orang berbaju merah sudah pasti terjadi pada sebuah kitchen set.
Untuk menjawab permasalahan itu maka sangat disarankan tempat penyimpanan itu dibuat berbentuk laci sistem 'roll-out', bukan rak-rak. Sehingga terhindar dari posisi tubuh berlutut dan membungkung seperti baju merah dan orange.
Ketika anda dapat dengan mudah mengambil barang yang pada hakikatnya berada pada posisi paling jauh pada kitchen set anda, berarti anda telah berhasil membuat sebuah kitchen set yang ergonomis.

Contoh lain yang berkaitan dengan ergonomis.

Gambar di bawah ini memperlihatkan perbedaan posisi tubuh manusia ketika mengambil barang pada posisi letak yang sama.

Saat berpakaian masih hitam putih (lama), wanita ini harus berlutut dan membungkuk untuk mengambil pancinya karena lemari dasar kitchen set itu masih memakai konsep rak-rak. Berbeda dengan ketika wanita itu pakaiannya telah berwarna (baru), dia tidak perlu membungkuk lagi untuk mengambil panci karena lemari dasar kabinetnya telah dibuat menjadi ergonomis dengan berbentuk laci yang bisa ditarik-ulur (maju mundur). :-)

Tag : Kitchen Set

Back To Top