Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Membuat Rumah Dari Kayu Dan Bambu

Inilah sebuah contoh rumah yang dibuat dengan bahan dasar kayu dan bambu yang diambil dari ImageBaliArsitek. Dari tampilannya yang sangat eksotis ini membuat mata tidak henti untuk memandangnya. Dinding rumah yang dibuat dari kayu bulat dengan diameter antara 15 cm - 20 cm ini mengingatkan pada rumah kabin yang dibuat di bagian utara Amerika sana. Di Amerika bagian utara memang kebanyakan orang membuat rumah kabin untuk peristirahatan mereka memakai bahan kayu log (bulat) yang dapat izin dari pemerintahnya.

Contoh rumah berdinding kayu
Contoh rumah berdinding kayu


Bagi kita di Indonesia tentu menginginkan rumah kayu seperti mungkin agak sulit karena terkendala dengan peraturan pemerintah terkait dengan ilegal logging. Namun demikian kayu bulat yang resmi pasti ada walaupun harganya tentu akan mahal. Tapi hal itu sebanding dengan keinginan rumah dari kayu yang anda inginkan. Lain halnya dengan bambu, di Indonesia bambu sangat mudah didapatkan dan banyak varietasnya. Bambu yang dapat digunakan untuk konstruksi rumah tentu harus menggunakan kwalitas bambu yang baik.

Untuk menghemat pemakaian bahan kayu atau bambunya, ketinggian antara lantai 1 dengan lantai 2 tidak lebih dari 3 meter. Perhatikan sudut atap rumah kayu dan bambu ini. Rumah ini mempunyai sudut kemiringan atap kira-kira lebih dari 45 derajat. Sehingga dengan kemiringan sudut atap yang cukup besar itu pada lantai 2 tidak perlu dibuat dinding lagi pada sisi kiri dan kanan bangunan dan tentu akan lebih menghemat lagi pemakaian kayunya.

Tag : Artikel

Back To Top