Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Memilih Top Table Untuk Kitchen Set

Top table atau meja dapur adalah bagian yang paling sering digunakan, sebagian ada juga yang menyebutnya dengan istilah counter top. Top table adalah permukaan kitchen set yang biasa digunakan untuk menyiapkan bahan makanan/masakan. Biasanya, kitchen sink dan kompor juga dipasangkan pada top table ini. Maka itu sebaiknya bahan yang akan digunakan untuk top table adalah bahan yang berkwalitas bagus, kuat, dan tahan lama.
Top table Zodiac
Contoh countertop kitchen set Quartz surface

Bagaimana memilih bahan untuk top table yang baik?

Semua itu tergantung kebutuhan, misalnya top table untuk meja dapur (kitchen set), pantry atau meja bar. Untuk meja dapur, sebaiknya memilih bahan yang tahan air dan kuat.

Berikut beberapa material yang biasa digunakan untuk top table kitchen set:
  1. Granite, adalah material dari batu alam, granite memiliki kekuatan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan material lain seperti marmer dan solid surface, bahannya juga tahan panas dan mudah dibersihkan. Tetapi granite juga memiliki kekurangan yaitu “berpori”, karena memiliki pori-pori ini membuat granite menjadi rentan terhadap air dan kotoran yang basah, jika tidak sering dibersihkan menjadi tempat tumbuh jamur atau bakteri.
  2. Marmer. Marmer hampir sama dengan granite dan juga berasal dari batu alam. Dibandingkan dengan granite, marmer agak lebih rendah kekuatannya dan memiliki pori-pori yang lebih besar daripada granite. Untuk pemakaian top table pada meja dapur, tidak disarankan.
  3. Solid Surface, adalah campuran mineral alami dan polymer acrilyc yang diproses sehingga menjadi keras. Higienis, inilah alasan utama kenapa solid surface menjadi pilihan utama digunakan sebagai top table kitchen set. Hal ini dikarenakan solid surface tidak berpori dan bisa dibentuk sesuai dengan bentuk meja kitchen set tanpa ada sambungan sehingga tidak ada kemungkinan tumbuh jamur atau bakteri dan sangat mudah dibersihkan.
  4. Quartz Surface. Quartz surface merupakan material yang lebih kuat lagi dibanding dengan solid surface. Selain lebih berkilau Quartz surface memiliki daya tahan terhadap panas lebih tinggi dan juga tahan terhadap goresan sehingga tak diragukan lagi kemewahan sebuah kitchen set dengan top table dari bahan ini.

Menentukan pilihan bahan untuk top table pada kitchen set anda sangatlah penting. Jika anda ingin memiliki kitchen set yang mewah, eksklusif dan higienis, menggunakan solid surface adalah pilihan yang tepat karena harga bahannya cukup terjangkau.
Namun bagi anda yang mempunyai kemampuan finansial yang cukup banyak, memilih quartz surface sebagai bahan untuk top table meja dapur adalah pilihan yang briliant sekali, walaupun harganya lebih mahal namun itu sebanding dengan keunggulan atau kelebihan yang anda dapatkan.

Tag : Kitchen Set

Mantap.... Terima Kasih Atas Artikelnya...
Bagaimana caranya membuat meja komputer dari kayu jati atau lainnya...

Terimakasih juga atas kunjungannya pak.

Back To Top