Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Menentukan Bahan Pelapis Dinding Kamar Mandi

Dulu, orang melapisi dinding kamar mandi bertujuan supaya air tidak merembes pada dinding kamar mandi dan mudah dibersihkan. Bahan pilihan utama yang dipasangkan untuk melapisi pada waktu itu adalah porselen dan keramik. Mungkin ada yang masih ingat bahwa betapa susah dan lama memasangnya karena ukuran porselen biasanya 10 x 10 cm dan 10 x 20 cm.
contoh kamar mandi
Saat ini, selain mencapai tujuan yang di atas, orang juga berkeinginan agar kamar mandi yang indah untuk dilihat dan sehat (higienis). Maka bermunculanlah berbagai macam bahan yang berfungsi sebagai pelapis dinding kamar mandi. Mulai dari yang murah, sedang dan mahal harganya. Untuk menentukan pilihan sebaiknya anda mengetahui karakteristik dari bahan-bahan tersebut.


Keramik
Hampir semua orang memilih keramik sebagai bahan pelapis dinding kamar mandinya. Harganya murah, terbuat dari tanah liat, warna beragam bahkan bertekstur. Kekurangan keramik adalah bagian pinggirnya ada pinggul (melengkung) sehingga ketika diraba masih terasa cekungan-cekungan diantara masing-masing keramik dan apabila tidak rajin membersihkan kamar mandi menjadi tempat bersarang kotoran.

Keramik Rectification
Bahan dasarnya sama dengan keramik biasa yaitu tanah liat. Yang berbeda adalah pada proses pembuatannya yang sudah menggunakan teknologi modern sehingga baik warna dan kualitasnya lebih baik serta ukuran masing-masing keramik lebih presisi (sama besar). Anda bisa mengetahuinya karena tercantum pada kemasannya.  Pada bagian pinggir keramik rectification tidak ditemukan lagi pinggul seperti keramik biasa sehingga dalam pemasangan bisa dirapatkan dan bisa terasa rata apabila diraba. Harganya tentu lebih mahal dari keramik biasa.

Granit
Granit merupakan pilihan yang paling tepat bagi yang menginginkan kamar mandi yang higienis. Kenapa?
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pemasangan granit, bahan yang digunakan untuk mengisi nat granit sebaiknya memakai bahan pengisi nat khusus atau resin. Sehingga apabila diterapkan bahan ini menyatu dengan granit dan tidak bisa terkelupas. Dengan demikian sudah bisa dipastikan bahwa tidak ada kemungkinan tempat untuk bersarang kotoran.

Setelah mengetahui karakteristik bahan pelapis dinding kamar mandi di atas, menentukan pilihan tentu tergantung dari keputusan anda. Jika anda menginginkan kamar mandi yang indah dan higienis sebaiknya anda memakai granit. Mengenai harga tentu lebih mahal tapi sebanding dengan manfaat yang didapat.
Tag : Dinding, Material

Back To Top