Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Penyebab Bau Pada Kamar Mandi

Sangat risih rasanya mempunyai kamar mandi yang mengeluarkan bau yang tidak sedap padahal selalu dibersihkan tapi tetap juga bau tak sedap itu muncul. Apalagi sewaktu-waktu ada tamu atau orang lain yang mau menggunakan kamar mandi tersebut.
Ada bermacam faktor yang menyebabkan bau pada sebuah kamar mandi. Kotor karena jarang dibersihkan, tidak terjadi sirkulasi udara dengan baik, kurangnya pencahayaan alami dan instalasi air kotor tidak dibuat dengan benar.

Pada beberapa peralatan yang menjadi tempat pembuangan air kotor sebelum air kotor dialirkan ke pipa buangan telah didesain atau dibuat sedemikian rupa sehingga bisa menghambat aroma pada saluran air kotor tidak bisa masuk ke kamar mandi. Dimana mereka memanfaatkan genangan air sebagai penghambat.
Contoh yang paling mudah diketahui adalah genangan air pada lubang kloset. Apabila tidak ada genangan air pada kloset, berarti kloset tersebut telah rusak dan bau dari septictank akan leluasa masuk ke dalam kamar mandi anda.
Demikian juga halnya dengan wastafel dan floor drain. Coba perhatikan gambar di bawah ini:
Gambar floor drain kamar mandi dan wastafel

Gambar di atas bisa dilihat bagaimana genangan air berfungsi sebagai penghambat udara di dalam saluran buangan tidak berbalik masuk ke kamar mandi yang menjadi penyebab bau pada kamar mandi tersebut. Selain itu, pada wadah perangkap itu juga berfungsi sebagai penampung kotoran agar jangan sampai masuk ke dalam saluran buangan.

Cara mengatasi pada air buangan lainnya adalah menggunakan P-Trap. Aksesoris ini lebih efisien digunakan pada bangunan bertingkat. Satukan seluruh saluran air buangan pada kamar mandi ke p-trap, baru kemudian dialirkan atau digabungkan dengan saluran pembuangan yang lain.

Contoh P-trap


Pada p-trap ini air atau kotoran akan menggenang di bawah tanda garis merah. Untuk menjaga kelancaran saluran pembuangan di rumah anda, periksa wadah penampung kotoran yang terdapat pada p-trap secara berkala.
Dengan mengetahui hal penyebab dan cara mengatasinya, mudah-mudahan kamar mandi anda tidak bau lagi.
Tag : Mekanikal

Back To Top