Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Perlu Diperhatikan Saat Membuat Tangga

Keberadaan tangga dalam sebuah rumah bertingkat selain sebagai sarana sirkulasi vertikal antara lantai yang satu dengan lantai atasnya, juga berperan sebagai elemen pembentuk suasana pada ruangan. Dapat dilihat saat ini begitu banyak bentuk dan model tangga serta struktur atau material untuk membuat tangga. Ada tangga yang dibuat dari beton bertulang, kayu, besi bahkan kaca. Dari yang model klasik dengan menggunakan besi tempa sebagai ornamen maupun railingnya atau menggunakan kayu yang dirouter atau diukir, sampai pada model minimalis modern yang menggunakan material stainless steel dan kaca sebagai bahan pembuatnya. Kesemuanya itu bertujuan agar membuat tangga menjadi bagus dan menarik. Namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat tangga sehingga fungsi tangga yang sebagaimana mestinya tidak berkurang.
Tangga
Tangga


Hal yang harus dan perlu diperhatikan ketika membuat tangga adalah:
  1. Kenyamanan. Buatlah tangga agar nyaman untuk digunakan. Bagaimana membuat tangga agar terasa nyaman. Nyaman pada sebuah tangga adalah kenyamanan melangkahkan kaki ketika menaiki atau menuruni tangga. Hal ini berkaitan dengan tinggi dan lebar tumpuan anak tangga serta lebar tangga itu sendiri.
  2. Keamanan. Buatlah tangga yang aman untuk dipakai. Dimulai dengan membuat struktur tangga yang kuat, kokoh, dan stabil kemudian membuat pegangan atau railing tangga.
  3. Material yang tepat. Hal ini ditujukan khusus pada tumpuan anak tangga. Pilihlah material yang tidak licin. Jika memilih keramik atau granit sebagai material tumpuan anak tangga sebaiknya diikuti dengan pemakaian step nosing pada setiap anak tangga yang berfungsi sebagai anti slip pada tumpuan anak tangga. 
Selain hal yang di atas, pencahayaan pada daerah tangga perlu diperhatikan. Walaupun dalam kesehariannya tangga hanya dilintasi saja tapi jangan biarkan area tangga menjadi gelap, hal itu bisa mengurangi keamanan anda saat menggunakan tangga tersebut.
Tag : Artikel, Tangga

Back To Top