Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Perlukah Membangun Rumah Menggunakan Jasa Arsitek?

Jika anda bermaksud mempunyai rumah tinggal yang dapat memenuhi keinginan dan kemampuan anda maka tentu anda memerlukan jasa arsitek untuk mewujudkannya. Membangun rumah bukanlah hal yang semudah membalikkan telapak tangan. Apabila dilihat secara kasat mata memang semua orang rasa-rasanya bisa membangun rumah. Apalah susahnya, hanya menggali buat pondasi, pasang dinding bata, kusen pintu dan jendelanya lalu diberi atap dan terakhir diberi cat untuk finishingnya.... selesai. Namun yang harus diingat, semua itu bisa anda lakukan berdasarkan gambar. Jika belum ada gambar, pasti anda akan bingung bagaimana posisi kamar yang bagus, dimana letak pintu, jendela dan tangga (jika rumah anda bertingkat) agar tidak mengganggu sirkulasi , sirkulasi udara dan cahaya bisa masuk dengan baik dan seterusnya...
Cara Mendesain Rumah

Jika tidak percaya silahkan anda ambil selembar kertas kosong dan silakan gambar!
Maka akan muncul berbagai macam alasan sebagai pembenaran kenapa anda tidak bisa menggambar diatas kertas kosong tadi misalnya; saya tidak pandai menggambar, saya tidak punya waktu untuk menggambar atau ini bukan bidang saya dan sebagainya dan sebagainya. Inilah bukti bahwa anda butuh bantuan atau jasa seorang arsitek untuk menggambar atau mendesain rumah anda.
Apapun yang dilakukan apabila bertujuan untuk mendapatkan hasil yang bagus berikanlah kepada yang ahlinya.

Sebagai contoh;
Dalam sepakbola, jika tidak ada arsitek/pelatih/manager yang menukangi pemain-pemain klub itu, jangan pernah berharap untuk bisa meraih prestasi puncak. Dia lah orang yang mengatur strategi, menentukan posisi pemain, masuk dan keluarnya pemain atau mendatangkan pemain baru. Kalau dilihat dari kwalitas pemainnya hampir rata-rata mereka mempunyai skill yang memadai pada posisi masing-masing. Tapi untuk mencapai prestasi puncak perlu sentuhan sang manager.
Dalam perusahaan anda pun memerlukan orang-orang yang pas pada posisinya untuk anda pekerjakan agar perusahaan anda maju. Dan yang pasti anda mengeluarkan biaya untuk menggaji mereka sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Contoh lain misalnya anda ingin memiliki sebuah jas. Banyak jas yang dijual di departement store harganya pun relatif terjangkau berkisar Rp. 250.000,- sampai Rp. 750.000,- tapi coba anda bandingkan dengan jas yang dipesan/tempa pada sebuah tailor ternama di kota anda, yang jas tersebut dijahit berdasarkan ukuran tubuh anda. Nah, berapa biaya atau harga yang anda keluarkan untuk jas tersebut? Untuk upah jahitnya saja mungkin lebih dari Rp. 750.000,-
Begitu juga halnya dengan rumah anda, sangat banyak bahan/material bangunan dijual di pasaran, namun perlu sentuhan arsitek atau desainer untuk menyarankan mana yang lebih cocok untuk rumah anda.

Tag : Artikel

Back To Top