Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Posisi dan Bentuk Jendela Pada Kamar Tidur

Proses menempatkan jendela pada sebuah kamar tidur dilakukan ketika tahapan dalam proses desain, baik itu posisi, besar ukuran maupun bentuk jendela tersebut.

Posisi dan bentuk jendela kamar tidur
Posisi dan bentuk jendela kamar tidur
Penempatan posisi jendela dan bentuk jendela dipengaruhi oleh beberapa pertimbangan-pertimbangan diantaranya:
  1. Posisi jendela disesuaikan dengan penetrasi cahaya pada siang hari. Jika bentuk jendela yang tinggi akan memberikan penetrasi cahaya yang baik ke dalam ruangan. Jendela yang memanjang horizontal akan memberikan penyebaran cahaya yang baik ke arah samping terutama di dekat jendela itu sendiri.
  2. Posisi jendela disesuaikan dengan pemandangan ke luar dan jenis aktivitas. Jika terdapat pemandangan yang baik, maka bentuk jendela dapat dibuat sampai garis lantai sehingga dapat menghasilkan manfaat penuh dari pemandangan tersebut.
  3. Posisi dan bentuk jendela berdasarkan pengaman dan kemudahan untuk perawatan jendela itu sendiri. Bentuk jendela yang simple akan lebih memudahkan untuk perawatannya.
Pada gambar ini terlihat bahwa si arsitek sangat memperhitungkan pertimbangan di atas dalam menentukan posisi dan bentuk jendela kamar tidur yang dirancangnya. Memilih jendela yang tinggi, jelas keinginan sang arsitek untuk mengharapkan penetrasi cahaya ke dalam ruangan sangat tercapai. Kemudian membuat jendela tinggi tersusun secara horizontal juga menjadikan penyebaran cahaya jadi merata. Dan membuat bukaan jendela sampai ke garis lantai sehingga pemandangan yang indah di luar kamar tidur ini dapat dinikmati secara maksimal oleh penghuninya.
Kemudian untuk menjaga privasi penghuni kamar pada jendela yang bukaannya lebar sebaiknya gunakan tirai penutup jendela yang cocok pada jendela tersebut.

Ada sebagian orang yang alergi terhadap AC, tentu untuk bisa membuatnya nyaman di dalam kamar tidur, posisi dan bentuk jendela pada kamar tersebut harus diperhitungkan dengan cermat agar bisa mendapat kamar yang mempunyai sirkulasi udara yang alami sehingga tidak memerlukan AC namun tetap nyaman untuk ditempati.
Tag : Artikel, Jendela

Back To Top