Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Rumah Bertingkat Minimalis Tipe 92

Pada masyarakat perkotaan, desain rumah minimalis merupakan pilihan yang masih menjadi pilihan utama karena tak bisa dipungkiri bahwa ketersediaan lahan yang terbatas adalah faktor utama yang menyebabkan kenapa konsep rumah minimalis sangat tepat untuk diterapkan. Seperti halnya dengan gambar di bawah ini adalah contoh rumah bertingkat tipe 92 yang didesain dengan konsep minimalis dan dibuat di atas lahan seluas 119 m2 dengan ukuran 8,5 m x 14 m.

Gambar desain rumah minimalis tipe 92
Perspektif Rumah Tipe 92
Lazimnya gaya minimalis tampilan rumah menyuguhkan fasad yang sederhana. Garis desainnya menonjolkan bidang kotak yang dikombinasi dengan pemakaian kaca sudut sehingga menampilkan kesan luas. Di lantai dasar, tampilan rumah lebih terasa besar dengan dilebihkannya dinding yang berfungsi menutup teras samping.
Pewarnaan rumah bertingkat tipe 92 ini menggunakan warna-warna netral dan terang yang biasa diaplikasikan pada rumah minimalis yaitu warna abu-abu, putih dan coklat.


Gambar denah rumah bertingkat minimalis tipe 92
Gambar Denah Tipe 92


Pada gambar denah di atas, terlihat bahwa walaupun lahannya terbatas namun rumah bertingkat minimalis ini masih mempunyai taman di bagian belakang rumah dan carportnya mampu menampung 2 buah mobil. Dan bagi penghuni yang mempunyai sepeda motor, bisa memanfaatkan teras samping sehingga tidak perlu memasukkannya ke dalam rumah pada malam hari.
Ketersediaan ruang pada rumah bertingkat minimalis ini sudah dapat dikatakan lebih dari cukup jika mengingat bahwa total luas lantai bangunannnya hanya seluas 92 m2. Pada lantai dasar terdapat 1 kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, dapur dan 1 buah kamar mandi serta 3 buah teras yang dapat digunakan untuk bersantai yaitu; teras depan, teras samping dan teras belakang.

Gambar tampak rumah bertingkat minimalis tipe 92
Gambar Tampak Tipe 92
Ketika berbicara tentang minimalis, tentu prinsipnya adalah bagaimana membuat rumah yang efisien membuatnya tapi maksimal hasilnya. Begitu juga pada rumah bertingkat tipe 92 ini, floor to floor (jarak lantai ke lantai) rumah ini adalah 3,2 meter. Dengan membuat ketinggian rumah yang tidak begitu tinggi tapi tidak juga di bawah standar, maka biaya kontruksi rumah bertingkat ini akan lebih hemat (efisien). Ketinggian plafon rumah minimalis tipe 92 berada pada elevasi 2,8 m dari lantai.
Dari gambar tampak depan rumah inipun dapat dilihat bahwa walaupun ketingggian lantai atas rumah ini hanya 3,2 meter namun masih terlihat tinggi hal ini disebabkan dengan menerapkan atap bentuk pelana dengan kemiringan yang agak curam (35 derajat).

Back To Top