Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Rumah Bertingkat Pada Tanah Berkontur

Mendesain rumah diatas tanah berkontur merupakan suatu hal yang menarik bagi seorang arsitek. Apalagi jika pemilik rumah juga meminta agar kontur tanah dipertahankan.
Kontur tanah yang dibahas disini tentu lokasi lahan yang memiliki kemiringan atau perbedaan tinggi yang cukup tajam dalam sebuah lokasi yang akan dibangun rumah di atas nya. Membuat rumah bertingkat tentu akan menjadi opsi yang paling relevan atas situasi ini. Dengan demikian kontur tanah yang paling rendah akan menjadi lantai bawah pada rumah tersebut.
Tampak depan rumah pada tanah berkontur
Tampak Depan
Pada gambar contoh rumah bertingkat dalam postingan ini, kontur tanahnya cukup signifikan, perbedaan elevasi tanah bagian depan dan belakang kira-kira 2 meter. Dengan memakai konsep split level pada kontur tanah maka elevasi halaman depan diposisikan kira-kira di ketinggian setengah lantai dasar. Lantai dasar digunakan sebagai daerah servis rumah sedangkan untuk areal publik (ruang tamu) ditempatkan pada lantai atas yang harus dicapai dari halaman (depan rumah) dengan menggunakan tangga.


Jika melihat denah dibawah ini mungkin akan lebih memperjelas bagaimana caranya memanfaatkan tanah berkontur atau kemiringan tanah untuk menjadi desain rumah bertingkat. Jadi ketika tanah anda memiliki kontur tanah yang cukup tajam jangan berpikir dulu untuk menimbunnya agar menjadi rata dengan jalan.
Denah lantai 1 rumah pada tanah berkontur
Denah Lantai 1 Rumah pada tanah berkontur
Denah lantai 2 rumah pada tanah berkontur
Denah Lantai 2 Rumah pada tanah berkontur
Contoh lain rumah yang dibangun pada tanah berkontur adalah desain rumah berikut ini. Posisi lokasi rumah ini diapit oleh dua jalan, artinya rumah ini bisa diakses dari depan maupun dari belakang. Namun elevasi masing-masing jalan itu sangat jauh perbedaannya kira-kira 4 meter. Sehingga jika dilihat dari depan, rumah ini seperti hanya 2 lantai saja. Sementara dilihat dari belakang, rumah ini terlihat seperti 4 lantai.
tampak rumah di tanah berkontur
Contoh rumah di tanah berkontur lainnya yang dilihat dari depan

tampak
Contoh rumah pada tanah berkontur yang dilihat dari belakang

Tag : Artikel

Back To Top