Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Rumah Minimalis Berlantai Split, TIPE 140

Ketika mendesain rumah ini, saya berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi semua kebutuhan ruang dalam sebuah keluarga. Dengan menerapkan konsep lantai split akhirnya seluruh kebutuhan ruang tersebut bisa dipenuhi. Menghadirkan konsep yang unik, dimana ruang tamu diposisikan di atas garasi yang bisa diakses melalui anak tangga. Layaknya menaiki sebuah rumah panggung yang secara emosional memberikan kesan nan agung. Hal inilah yang menjadi suatu kebanggaan owner rumah ini.

Contoh desain rumah berlantai split tipe 140
Kamar tidur utama yang berukuran 4,75 m x 3,5 m (seluas 16,625 m2) pada rumah minimalis tipe 140 ini berada pada lantai dasar. Ruangan lain yang berada pada lantai dasar adalah ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan kamar tidur pembantu yang diletakkan berdekatan dengan dapur.
Untuk mencapai lantai atas menggunakan tangga bentuk U yang dimulai dari ruang keluarga. Sebelum sampai ke lantai 2, tepat pada ketinggian yang sama dengan bordes tangga, akan ditemui sebuah toilet kecil serta ruang tamu. Disinilah konsep lantai split diterapkan karena tepat di bawah ruang tamu ini adalah posisi garasi.
Pada lantai 2, selain terdapat 3 buah kamar tidur anak, juga terdapat sebuah kamar mandi yang digunakan untuk bersama dengan ukuran 1,5 m x 3 m serta terdapat area cuci atau jemur.


Jadi ruangan yang terdapat pada rumah minimalis tipe 140 yang berkonsep lantai split ini adalah 5 buah kamar tidur (termasuk kamar tidur pembantu), 3 buah kamar mandi, ruang keluarga, ruang makan, dapur, garasi dan ruang tamu ditambah 1 buah toilet yang khusus untuk tamu pada lantai split nya.
Nilai tambah lainnya pada rumah tipe 140 ini adalah mempunyai teras yang lapang di depan ruang tamu. Luas teras 6 m2 dengan ukuran 2 m x 3 m ini dilindungi dengan pagar setinggi 90 cm bisa digunakan sebagai tempat santai sore atau menerima tamu dengan suasana lebih santai. Karena berada pada ketinggian 2,2 m dari tanah tentu ketika berada di teras itu akan terasa seperti di balkon.
Denah lantai 1 dan split rumah tipe 140
Denah lantai 1 dan denah lantai split

Denah lt. 2 dan tampak rumah tipe 140
Denah lantai 2 dan tampak bangunan


Ini adalah foto dokumentasi ketika rumah minimalis tipe 140 sedang dilakukan pembangunannya.

Rumah type 140 sedang dalam konstruksi
Foto rumah saat konstruksi

Rumah type 140 dalam tahap finishing
Foto rumah pada tahap finishing


Back To Top