Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Satu Kamar Mandi, Nikmati Bersama

Pasti, semua orang ingin mempunyai rumah yang memiliki fasilitas kamar mandi yang bersih, nyaman, luas dan mewah. Namun, tidak semua orang mampu untuk memilikinya. Membuat sebuah kamar mandi yang bisa dikatakan mewah dan berkualitas diperlukan biaya yang cukup mahal (puluhan juta). Perlengkapan yang terdapat pada kamar mandi sangat banyak, mulai dari bathtub, kloset, bidet, urinal, wastafel (lavatory), cermin, shower, kran air, gantungan handuk, tempat sabun dan lain-lain, serta ditambah lagi dengan peralatan yang bisa menyuplai air panas (water heater).

Jika untuk satu kamar mandi utama saja pada kamar orang tua, dipaksa-paksakan bisa juga dibuat.
Namun bagaimana dengan penghuni rumah yang lain?
Apalagi jika keluarga itu memiliki 3 orang anak remaja laki-laki dan perempuan yang masing-masing memiliki kamar sendiri. Tentu akan memerlukan biaya yang jauh lebih besar jika ingin seluruh keluarga bisa menikmati atau merasakan kamar mandi yang mewah apabila dibuat pada masing-masing kamar mereka. Nah, solusi yang paling tepat adalah membuat satu kamar mandi yang dapat digunakan untuk bersama.

Persoalannya, bagaimana jika salah satu anggota keluarga mau ke kamar mandi (kebelet) sementara seseorang sedang berada dalam kamar mandi tersebut?
Disinilah diperlukan desain satu kamar mandi yang bisa digunakan secara bersamaan yang bisa mengakomodasi masing-masing kegiatan dan privacy masih terjaga, artinya apabila seseorang sedang mandi pada kamar mandi itu, anggota keluarga yang lain bisa juga menggunakan kloset untuk buang air besar atau menggunakan wastafel untuk mencuci muka.

Ini langkah atau cara membuat sebuah kamar mandi mewah yang berkualitas dan bisa dipakai atau nikmati bersama:
  1. Sediakan ruangan berukuran 3 x 3 m, pintu masuk di tengah untuk membuat sirkulasi yang baik. Bagi tiga ruangan tersebut menjadi bagian kiri, kanan dan depan pintu masuk.
  2. Bagian kiri, tempat kloset dan beri dinding penyekat setinggi pintu. Luas areal yang terpakai kira-kira 1,20 m x 1,75 m.
  3. Bagian depan, jadikan untuk tempat mandi (shower) dengan dinding penyekat juga setinggi pintu. Dimana pintunya posisinya saling berhadapan dengan pintu masuk.
  4. Pada bagian kanan adalah posisi wastafel, gunakan kaca cermin yang besar agar ruangan terasa lebih luas.
  5. Sebaiknya gunakan exhaust fan di plafon pada bagian kloset.

Dengan demikian anda dapat memenuhi keinginan seluruh keluarga untuk dapat menikmati sebuah kamar mandi yang mewah dan bisa juga digunakan bersamaan tanpa harus merasa risih ruangan kloset dan shower dibatasi dengan dinding penyekat serta berpintu masing-masingnya.

Kira-kira seperti gambar denah kamar mandi yang dapat digunakan bersamaan.
Gambar denah kamar mandi
Gambar lay out kamar mandi


Tag : Kamar Mandi

Back To Top