Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Sirkulasi Udara Pada Rumah Kontrakan

Membahas sirkulasi udara pada rumah kontrakan ini ditujukan pada rumah kontrakan yang terdiri dari beberapa petak  (pintu). Para penghuni rumah kontrakan yang berada di bagian tengah sering mengeluh karena panas dan tidak ada sirkulasi udara yang baik. Tentu hal ini disebabkan karena posisinya yang terjepit di antara petakan rumah kiri kanannya dan biasanya kamar tidur lah yang menjadi korban, tidak mempunyai jendela. Tumpuan yang diharapkan untuk mendapat udara segar adalah dari depan saja.

Bagi para pemilik rumah kontrakan ini merupakan menjadi dilema karena jarang penghuni yang betah menyewa di bagian tengah rumah kontrakan tersebut. Alasannya tentu karena tidak ada jendela pada kamar tidur sehingga tidak ada sirkulasi udara pada kamar tersebut. Untuk menarik penyewa agar mau penyewa rumah kontrakannya si pemilik biasanya memakai jurus diskon harga. Artinya harga sewa rumah pada bagian tengah yang tidak ada jendela kamar tidurnya lebih murah dari pada rumah kontrakan yang di pinggir yang mempunyai jendela pada kamar tidurnya.


Berikut ini saya berikan contoh gambar rumah kontrakan yang dijamin memiliki sirkulasi udara yang baik. Setiap kamar tidur pada petakan rumah kontrakan ini mempunyai jendela. Denah ini bisa diterapkan pada tanah berukuran 10 m x 20 m. Dengan ukuran tanah tersebut dapat dibuat rumah kontrakan 4 petak. Masing-masing 1 kamar tidur, kamar mandi, jemuran, dapur, ruang keluarga + ruang makan, ruang tamu di teras aja :-)

Denah Rumah Kontrakan

Dan apabila yang menyewa rumah kontrakan ini ngotot mau kamar tidur satu lagi untuk anaknya, posisi dapur saat ini bisa dijadikan kamar tidur dan dapur pindahkan ke belakang. Pada gambar di atas terlihat bahwa masing-masing kamar tidur mempunyai jendela. Sirkulasi udara dapat diharapkan dari depan dan dari belakang. Dengan memakai desain rumah kontrakan di atas, tarif atau sewa kontrakannya bisa dipungut sama rata. Tidak ada lagi alasan bagian tengah atau bagian pinggir. Semoga bermanfaat...

Back To Top