Standar Ukuran Kamar Tidur

Posted by DESAIN RUMAH

UKURAN STANDAR KAMAR TIDUR - 

Dalam ilmu arsitektur, ukuran standar masing-masing ruangan disesuaikan dengan peruntukan ruang dan kebutuhan ruang gerak penghuni di dalamnnya serta luas area untuk perabot yang akan ditempatkan pada ruangan tersebut.

Berapa Luas Standar Kamar Tidur?

Yang membedakan ukuran luas kamar tidur dalam rumah tinggal umumnya berdasarkan peruntukkannya yaitu kamar tidur utama dan kamar tidur anak.

Secara teori berdasarkan ilmu arsitektur, standar luasnya adalah;
  • Kamar tidur utama, seluas 11,15 m2 dengan ukuran sisi terpendek 2,845 m.*
  • Kamar tidur anak luas minimalnya adalah 7,43 m2 dengan ukuran sisi terpendek 2,348 m.*
*) ERNST NEUFERT, Data Arsitek, Edisi kedua.

Ukuran di atas adalah ukuran bersih (wall to wall). Standar luas ini berdasarkan kebutuhan dasar ruangan untuk tidur dengan memperhitungkan kebutuhan ruang gerak untuk merapikan tempat tidur.

Contoh Kamar Tidur Ukuran Standar
Ukuran standar kamar tidur
Berdasarkan data tersebut dapat kita ambil angka yang mendekati dengan ukuran as dinding, seperti pada sketsa gambar ini;
  • Kamar tidur utama adalah 3,25 x 4 = 13 m2 (luas bersih = 12,074 m2).
  • Kamar tidur anak adalah 2,75 x 3 = 8,25 m2 (luas bersih = 7,519 m2).

Namun ada baiknya anda menentukan luas kamar tidur dengan mempertimbangkan ukuran-ukuran perabot yang akan anda masukkan ke dalam ruangan tersebut, karena untuk item tempat tidur saja sekarang ini tersedia berbagai macam ukuran diantaranya 100 cm, 120 cm, 160 cm, 180 cm dan 200 cm untuk lebarnya sedangkan untuk ukuran panjang rata-rata 200 cm.
Dan jangan lupa untuk membersihkan tempat tidur, dibutuhkan ruangan disisinya paling sedikit 40 cm atau selebar meja nakas disamping tempat tidur anda.

Bagaimana dengan kamar tidur anak?
Pilihan merapatkan tempat tidur ke salah satu dinding kamar adalah pilihan yang bijak karena akan mengurangi kemungkinan anak jatuh dari tempat tidur.

Disamping itu saat ini kamar tidur bukan hanya semata kamar untuk tidur saja.
Banyak orang melakukan kegiatan lain di kamar tidurnya seperti baca buku, nonton TV, bercengkrama bersama keluarganya dan lain-lain.
Nah, sudah tentu tambahan fungsi tersebut membutuhkan tambahan luas ruangan dari standar ukuran luas tadi agar tercapai suasana yang nyaman dan lega dalam kamar tidur anda. Dan ada lagi permintaan yang minta kamar mandi menjadi bagian di dalam kamar tidur.

Contoh Kamar Tidur Ukuran Standar

Berikut beberapa standar ukuran kamar tidur berdasarkan peruntukan kamar tidur dan ukuran tempat tidur.
"Kamar

Kamar tidur anak diatas memiliki luas bersih 8,64 m2. Perabot yang terdapat dalam kamar tidur ini hanya lemari pakaian yang ditempatkan pada sisi dinding yang berhadapan langsung dengan jendela.

"Kamar

Pada kamar tidur anak dengan pola memanjang diatas, posisi tempat tidur menyisakan ruang 40 cm untuk ruang gerak ketika membersihkan tempat tidur dan akses untuk membuka tutup jendela.

"Kamar

Kamar tidur utama ini memiliki lemari pakaian yang cukup banyak sehingga mampu menampung pakaian serta perlengkapan lainnya.

"Kamar

Ada kalanya dibutuhkan kamar tidur yang digunakan berdua (anak kembar), yang biasanya mereka tidak mau terpisah kamarnya. Menggunakan tempat tidur ganda dan lemari pakaian yang cukup, sudah pasti dibutuhkan oleh anak kembar atau adik kakak yang sejenis namun tidak berbeda jauh jarak usia mereka.

» Terimakasih telah membaca: Standar Ukuran Kamar Tidur
Previous
« Prev Post
CB Blogger
New Johny WussUpdated: 12:42 AM

1 komentar:

Follow & Get Update by Email

DR