Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Standar Ukuran Lemari Kitchen Set

Pembahasan standar ukuran lemari kithen set yang akan diuraikan dalam tulisan ini adalah ukuran-ukuran standar dalam membuat lemari kitchen set dan penentuan level lemari gantung pada dapur. Standar ukuran ini dihitung berdasarkan proporsi ukuran tubuh manusia normal. Pada tulisan ini juga dipaparkan beberapa elemen yang perlu diperhitungkan dalam membuat kitchen set agar nyaman ketika digunakan.

Mungkin ada diantara pembaca yang melihat atau pernah merasa kurang nyaman saat menggunakan sebuah kitchen set. Seperti meja (top table) lemari bawah yang terlalu rendah sehingga terpaksa agak membungkukkan badan ketika sedang meracik makanan di atasnya, atau letak rak lemari gantung yang terlalu tinggi sehingga sulit untuk mengambil sesuatu di dalamnya dan lain-lain. Hal itu disebabkan karena kitchen set tersebut dibuat dengan ukuran yang tidak sesuai standar tubuh manusia.

Standar ukuran lemari kitchen set
Standar ukuran lemari kitchen set
Pada gambar ini terlihat bahwa ukuran standar untuk ketinggian top table lemari bawah (kabinet bawah) adalah 90 cm dari lantai. Atau, jika anda pemilik kitchen set itu, pastikan top table itu 10 - 15 cm di bawah siku anda ketika ditekuk.
Lemari bawah boleh dibuat dengan ukuran kedalaman antara 55 - 60 cm dengan menyediakan ruang kosong di belakangnya kira-kira 5 cm untuk penempatan instalasi air atau listrik. Kemudian pada bagian bawah depan lemari agak dimasukkan ke dalam kira-kira 5 cm, setinggi 10 cm, bertujuan agar sedikit kemungkinan ujung kaki anda bersentuhan dengan lemari saat berdiri di depannya.


Penempatan lemari gantung (kabinet atas) boleh dimulai pada ketinggian 135 cm dari lantai dan pasangkan lampu pada bagian bawah lemari gantung untuk penerangan saat anda bekerja.
Standar ukuran untuk ketinggian cooker hood (mesin penghisap udara) adalah tidak boleh melebihi 175 cm dari lantai, supaya cooker hood tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sesuai dengan petunjuk instalasi pemasangan sebuah cooker hood yang menyarankan jarak antara kompor dengan cooker hood adalah 75 - 85 cm.

Posisi rak paling atas yang terdapat pada lemari gantung sebaiknya tidak lebih  200 cm dari lantai agar anda dapat dengan mudah menjangkaunya. Sedangkan standar ukuran untuk ketebalan atau kedalaman lemari gantung antara 30 - 35 cm, jangan dibuat melebihi ukuran tersebut karena akan menghalagi pandangan anda ke area back splash countertop kitchen set anda. Demikian bahasan tentang standar ukuran dan ketinggian lemari kitchen set. Semoga bermanfaat.
Dan untuk membuat kegiatan memasak anda lebih nyaman lagi, tentu ada baiknya anda mengetahui juga cara membuat dapur / kitchen set yang nyaman serta mengetahui bahan untuk membuat kitchen set yang terbaik.
Tag : Kitchen Set

Back To Top