Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Susun Kitchen Set Menurut Tingkatan Ergonomis

Tulisan ini merupakan penjelasan lebih dalam tentang langkah penting saat membuat kitchen set sebelumnya. Dimana pada langkah tersebut disarankan untuk merencanakan tempat untuk penempatan barang disusun (diatur) sesuai dengan tingkatan ergonomis yang benar. Artinya barang atau bahan yang akan sering digunakan diletakkan pada tempat yang paling mudah dijangkau tanpa harus membuat posisi tubuh menjadi stres (membungkung atau berjongkok).

Gambar di bawah ini memperlihatkan sebuah kitchen set yang telah direncanakan penempatan barangnya yang telah disusun berdasarkan tingkatan ergonomis yang benar.
Kitchen set yang ergonomis
Contoh sebuah kitchen set
Perbedaan warna yang ditampilkan menunjukkan tingkatan ergonomis sebuah kitchen set. Dari gambar diatas maka kita dapat menyusun barang-barang sebagai berikut:

  • Lemari atau laci yang berwarna coklat tua adalah tempat penyimpanan barang-barang yang sering digunakan.
  • Lemari atau laci yang berwarna coklat muda adalah tempat penyimpanan barang-barang yang tidak terlalu sering digunakan.
  • Lemari atau laci yang berwarna kuning adalah tempat penyimpanan barang-barang yang jarang digunakan.

Jika anda menyusun barang-barang sesuai dengan intruksi di atas, maka bisa dipastikan bahwa anda akan jarang membungkuk atau berjongkok saat bekerja di dapur untuk mengambil barang yang diperlukan sehingga kegiatan memasak anda menjadi nyaman dan menyenangkan.

Tag : Kitchen Set

Back To Top