Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Teori Dan Rumus Membuat Tangga

Apa yang terjadi jika tangga dibuat tanpa memperdulikan teori dan rumus membuat tangga?
Pasti! Tidak Nyaman.
Banyaknya salah langkah menjadi tambah besar bila lebar anak tangga dikurangi, dan lebih banyak kecelakaan pada waktu orang turun tangga dibandingkan pada saat naik. Jika kita merasa terlalu lelah ketika menaiki sebuah tangga, bisa dipastikan bahwa ada sesuatu yang salah pada tangga itu.

Berapa tinggi dan lebar anak tangga?
Gunakan teori atau rumus ini 2R + G = 600 *
R : (riser = tinggi anak tangga)
G : (going = lebar tumpuan anak tangga)
*) ERNST NEUFERT, Data Arsitek, Edisi kedua
  • Tinggi anak tangga tidak boleh lebih tinggi dari 190 mm untuk tinggi normal; tidak lebih dari 170 mm untuk orang jompo dan penyandang cacat, dan untuk tangga luar sebaiknya 145 mm.
  • Lebar tumpuan anak tangga tidak boleh kurang lebarnya dari 240 mm; tidak kurang dari 250 mm untuk orang jompo dan penyandang cacat, dan untuk tangga luar sebaiknya 370 mm.


Mari kita coba menggunakan rumus di atas, "Apakah memang bisa membuat tangga yang nyaman?"
Jika G = 250 mm, maka R = (600 - 250) / 2 = 175
Jadi tinggi anak tangganya adalah 175 mm
Sketsa Tangga
Sketsa Tangga

Cara atau Teori Lain Membuat Tangga Yang Nyaman

Cara yang lain untuk membuat tangga berdasarkan ketinggian lantai bangunan (floor  to floor) artinya jarak antara lantai 1 ke lantai 2 dibagi jumlah anak tangga yang diinginkan. Contoh, tinggi lantai 2 dari lantai 1 adalah 3,5 meter, maka 3500 : 20 = 175 (3500 = tinggi bangunan, 20 = jumlah anak tangga, 175 = tinggi anak tangga). Yang perlu diperhatikan adalah tinggi anak tangga yang didapat masih dalam batas standar di atas.
Berbeda dengan cara sebaliknya, jarak tinggi bangunan dibagi dengan ketinggian anak tangga yang diinginkan maka hasilnya jumlah anak tangga yang dibutuhkan (3500 : 175 = 20).


Bagaimana dengan lebar tangga?

Untuk yang digunakan di dalam rumah tinggal, lebar tangga dengan ukuran minimal 900 mm sudah menjadikan tangga tersebut nyaman untuk dilalui.

Dan untuk lebih dalam lagi silahkan anda cermati gambar di bawah ini?
Sketsa lebar tangga
Sketsa gambar lebar tangga
Pada gambar di atas dijelaskan bahwa bila bentuk tangga ada patahan atau melengkung, jarak orang berjalan dengan sisi terlebar biasanya 350 mm - 450 mm. Bila tangga lebar dan lurus jarak berjalan dan pegangan tangga adalah 550 mm, sedangkan jika tangga yang dapat dilalui oleh 2 orang mempunya lebar tangga 1100 mm - 1250 mm.
Tangga termasuk elemen yang permanen pada rumah bertingkat dan akan digunakan setiap hari. Buatlah sesuai dengan teori dan rumus yang telah ditentukan. Bisa dibayangkan, bagaimana repotnya nanti tiba-tiba anda harus membongkar dan membuat ulang tangga karena ketidaknyamanan yang anda alami setiap hari.

Tag : Artikel, Tangga

Terimakasih,.... Its good information for me.

http://jualbelijasa.com/cari/tampil/imron/solusi-renovasi-property
https://olx.co.id/iklan/solusi-renofasi-properti-IDmmqGL.html
https://renofasiproperti.wordpress.com
Bagi yg membutuhkan atau mungkin mau sekedar sharing masalah properti,bisa buka link diatas.
Kontak tertera di link.

Back To Top