Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Trik Membuat Instalasi Air Panas Murah

Semua orang hampir bisa dikatakan suka mandi dengan air panas (hangat). Begitu banyaknya produk yang ditawarkan, mulai dari solar water heater, water heater tenaga listrik maupun gas dan ada juga yang memakai trik memanfaatkan panas dari kompresor AC dan lain sebagainya. Semuanya tergantung kemampuan konsumen memilihnya. Namun tidak semua kamar mandi atau kran air yang dapat jatah air panas ini. Alasan tentu karena tidak murahnya biaya instalasi air panas ini.

Pada sebuah rumah yang mempunyai fasilitas air panas harus menyediakan instalasi khusus (pipa khusus) yang mengalirkan air panas tersebut sebelum dicampur dengan air dingin agar nyaman digunakan untuk mandi. Tentu bisa diperkirakan akan sangat besar biaya yang diperlukan apabila seluruh kamar mandi atau kran air dialirinya. Apalagi harga kran air atau shower yang ada tuas air panas dan tuas air dingin jauh lebih mahal daripada kran air single.


Trik untuk membuat seluruh kamar mandi atau kran air pada rumah dapat dialiri air panas dengan biaya yang relatif murah berikut ini adalah dengan cara membuat instalasi air panas menjadi lebih efisien.
Instalasi Air Panas Murah

Pada gambar di atas nampak bahwa sebelum air sampai ke kran di dalam rumah, air tersebut telah dicampur. Pencampuran air itu terdapat pada bagian stop kran, dimana air panas dan air dingin yang akan dialirkan diatur sedemikan rupa agar suhu air menjadi nyaman untuk digunakan.
Untuk menjaga suhu air yang sudah dicampur tadi selalu stabil gunakanlah pipa yang biasa digunakan untuk instalasi air panas. (kami menyarankan menggunakan pipa Westpex)
Dan akhirnya seluruh rumah bisa teraliri dengan air panas tanpa harus membuat instalasi air panas dan air dinding yang mahal, tanpa harus membeli kran air atau shower untuk panas dingin, cukup memakai shower single. Murah bukan..? Semoga bermanfaat...

Back To Top