Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Bermacam Material Untuk Lantai Rumah

Keinginan untuk mempunyai rumah yang nyaman adalah impian semua orang. Lantai rumah merupakan salah satu faktor penentu untuk mewujudkan keinginan itu. Sebagaimana yang diketahui bahwa setiap orang pasti berbeda tingkat kenyamanan yang diinginkannya. Untuk memenuhi berbagai macam keinginan itu, saat ini sangat banyak jenis material yang ditawarkan oleh produsen yang bisa dijadikan bahan untuk lantai rumah.
Lantai Rumah Bu Linda

Berikut adalah beberapa jenis material yang bisa digunakan untuk lantai rumah:
  1. Keramik
  2. Granit
  3. Marmer
  4. Kayu
  5. Granit Buatan (Cor di tempat)
Lantai Keramik
Tak bisa dipungkiri bahwa hampir semua orang telah mengetahui bahwa pemakaian keramik sebagai bahan untuk lantai rumah. Keramik terbuat dari tanah liat yang dibuat melalui proses dan diolah sehingga menghasilkan kepingan-kepingan dengan berbagai ukuran dan warna serta tekstur.
Keramik menjadi favorit karena harga material ini cukup terjangkau. Sangat banyak merk yang dapat ditemui di pasaran seperti; Ikad, Kia, Centro, Platinum, Roman, Kita, Asia Tile, Milan, dan lain-lain.



Keunggulan lantai keramik; Harga lebih terjangkau dan mudah dalam pemasangannya.
Kelemahan lantai keramik; Lapisan paling atas keramik bisa memudar seiring dengan waktu dan pemakaian.

Lantai Granit
Bagi mereka yang mempunyai finansial yang cukup, akan memilih granit sebagai bahan untuk lantai rumahnya. Selain mempunyai kekuatan yang cukup keras jika dibandingkan dengan keramik, granit mempunyai tampilan yang lebih bagus serta lebih mengkilat. Bahkan sangking mengkilatnya pada merk granit tertentu, lantai rumah yang dipasang dengan granit bagaikan seolah-oleh dilapisi kaca jika dipasang oleh tenaga tukang yang ahli.
Lantai granit yang diproduksi dipasarkan dalam bentuk kepingan-kepingan. Terdiri dari berbagai ukuran dan warna serta corak. Pada granit dikenal istilah polished dan unpolished, dimana biasanya granit polished dipasangkan pada lantai di dalam rumah sedangkan granit unpolished dipasangkan pada lantai teras rumah atau lantai kamar mandi.
Berikut ini beberapa merk granit yang bisa dijumpai di pasaran: Essenza, Granito, Indogress, Decogress, Niro, Lagoon, Roman, Ikad, Sandi Mas, Inesa, Garuda, dan lain-lain.

Keunggulan lantai granit; Lantai rumah bisa menjadi indah dan higienis
Kelemahan lantai granit; Harga yang relatif mahal dan memerlukan tenaga yang ahli untuk memasangnya.

Lantai Marmar
Sebagian orang ada yang merasa terganggu dengan nat diantara keramik atau granit. Untuk itu mereka memilih material marmer untuk lantai rumahnya. Walaupun marmer yang dijual di pasaran juga dalam bentuk kepingan-kepingan tapi saat pemasangannya pada lantai rumah, sambungan kepingan itu diisi dengan material sejenis reisin dan kemudian dilakukan proses pemolesan sehingga sambungan reisin tadi tidak terasa sama sekali.
Marmar yang dijual di pasaran dikenal dengan istilah: Marmer Lampung, Marmer Tulung Agung, Marmer Makasar (Ujung Pandang).

Keunggulan lantai marmer; Lantai lebih higienis dan tampilan rumah lebih mewah.
Kelemahan lantai marmer; Harga yang relatif mahal dan perlu perawatan secara berkala (poles ulang).

Lantai Kayu
Lantai kayu juga dikenal dengan istilah lantai parket. Pemakaian lantai kayu pada rumah tinggal orang Indonesia tergolong sedikit. Kalaupun ada, biasanya dipasangkan pada ruang-ruang tertentu saja seperti; kamar tidur, ruang santai keluarga dan ruang sholat (bagi yang muslim). Harga lantai kayu yang ditawarkan cukup mahal namun itu sebanding dengan kenyamanan dan kemewahan yang anda dapatkan.
Saat ini lantai kayu yang dapat ditemui di pasaran pun juga sangat beragam, seperti lantai kayu solid, lantai kayu laminated. Corak dan warnanya pun sangat beragam, bahkan adanya yang bertektur yang sangat nyaman ketika diinjak.
Berikut ini beberapa merk lantai kayu yang beredar di pasaran: Gracewood, Teka Parquet, dan berbagai produksi lantai kayu lokal lainnya.

Keunggulan lantai kayu; Tampilan lebih mewah dan sehat karena diyakini sedikit terhindar dari penyakit reumatik.
Kelemahan lantai kayu; Harga yang tergolong mahal.

Lantai Granit Buatan (Cor di tempat)
Tidak banyak orang mengetahui tentang material yang satu ini. Mungkin karena harganya cukup mahal makanya material untuk lantai ini belum begitu dikenal.
Proses pemasangan lantai granit buatan ini dilakukan langsung di tempat dimana ruangan yang akan dilantai. Material yang digunakan langsung diaduk dan dicorkan pada ruangan tersebut. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa lantai ini tidak ada nat sama sekali.
Motif dan corak yang ditawarkan cukup banyak, namun tidak ada warna polos, pada umumnya seperti motif granit alam.

Keunggulan lantai granit cor di tempat; Tampilan sangat mewah dan tidak ada nat sama sekali.
Kelemahan lantai granit cor di tempat; Harga tergolong mahal dan perlu perawatan secara berkala (poles ulang).
Tag : Lantai, Material

Back To Top