Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Cara Membangun Rumah: Pekerjaan Lantai

Pada website ini kami akan menguraikan tulisan bagaimana cara membangun rumah. Tujuannya adalah untuk lebih memudahkan pengunjung dalam memahami dan mengetahui bagaimana cara membangun rumah berdasarkan urutan pekerjaan yang mesti dilakukan.
Lantai Rumah Bu Linda

Setelah melakukan Pekerjaan Instalasi Air, kita melanjutkan pekerjaan berikutnya yaitu Pekerjaan Lantai.

Dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) sebuah rumah, pada pekerjaan lantai ada beberapa item pekerjaan yang termasuk di dalamnya yaitu:
  1. Urugan pasir bawah lantai
  2. Cor beton  tumbuk campuran 1 : 3 : 5
  3. Pasangan lantai granit ukuran 60 x 60 (polished)
  4. Pasangan lantai teras granit ukuran 60 x 60 (unpolished)
  5. Pasangan lantai kamar mandi keramik 20 x 20
  6. Pasangan granit lantai tangga
  7. Pasangan Plint

Urugan Pasir Bawah Lantai
Pekerjaan ini bertujuan untuk menstabilkan tanah pada lantai rumah. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebelum dilakukan pengecoran lantai, kondisi tanah di dalam rumah yang akan dicor bisa dipastikan tidak datar. Sebelum dilakukan urugan pasir ini, sebaiknya datarkan dulu tanah tersebut. Setelah itu baru diurug dengan pasir setebal 5 cm dan dipadatkan. Sebaiknya disiram dengan air, agar pasir bisa mengalir dan memadati bagian tanah yang masih berongga.

Cor Beton Tumbuk
Cor beton tumbuk ini berfungsi sebagai konstruksi penstabil tanah juga memperkuat pemasangan granit sehingga tidak terjadi penurunan lantai. Tebal coran beton tumbuk sebaiknya 7 cm dengan perbandingan campuran beton 1 PC : 3 PC : 5 KR

Pasangan Lantai Granit
Tebal campuran adukan untuk pemasangan lantai granit ukuran 60 x 60 sebaiknya minimal 3 cm dengan adukan yang tidak terlalu basah. Hal ini dilakukan supaya granit menjadi stabil setelah dipasangkan. Jika adukannya terlalu basah, ada kemungkinan granit tersebut akan turun dengan sendirinya (karena beratnya) sehingga pemasangan lantai menjadi tidak rata.

Pasangan Lantai Teras
Teknisnya sama dengan pemasangan granit lantai rumah. Bedanya jika granit lantai rumah digunakan granit yang licin dan mengkilat (polished) sedangkan untuk lantai rumah menggunakan granit yang anti slip (unpolished).
Pada pemasangan lantai teras sebaiknya dibuat kemiringan lantai kearah luar. Tujuannya jika kena air hujan, air tidak tergenang dan mengalir ke arah luar.

Pasangan Lantai Kamar Mandi
Yang perlu diperhatikan dalam pemasangan lantai kamar mandi adalah membuat kemiringannya menuju saluran pembuangan (floor drain). Khusus pada lantai 2, sebaiknya lantai dilapisi dulu dengan lapisan anti bocor agar terhindar dari resiko kebocoran yang bisa merembes ke lantai bawah.

Pasangan Granit Lantai Tangga
Pemasangan lantai untuk anak tangga sebaiknya menggunakan granit yang anti slip. Granit untuk anak tangga sebaiknya menggunakan granit khusus yang ada bullnose dan stepnose nya. Selain untuk keamanan, granit khusus anak tangga ini pun terlihat cantik dan memperindah tangga anda.

Pasangan Plint
Plint adalah pemasangan granit pada dinding setinggi 10 cm. Metode pemasangan plint ini ada 2 macam; ada yang sama datar dengan dinding dan ada juga yang sengaja memasangnya timbul dari dinding.

Back To Top