Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Cara Membangun Rumah: Pekerjaan Pengecatan

Pada website ini kami akan menguraikan tulisan bagaimana cara membangun rumah berdasarkan pekerjaan-pekerjaan yang terdapat dalam tahap membangun sebuah rumah. Tujuannya adalah untuk lebih memudahkan pengunjung dalam memahami dan mengetahui bagaimana cara membangun rumah berdasarkan urutan pekerjaan yang mesti dilakukan.

Setelah melakukan Pekerjaan Pintu Jendela dan Penggantung, kita melanjutkan pekerjaan beikurnya yaitu: Pekerjaan Pengecatan

Dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan sebuah rumah, pada pekerjaan pengecatan ada beberapa item pekerjaan yang termasuk di dalamnya yaitu:
  1. Cat dinding dalam
  2. Cat dinding luar
  3. Cat dinding kamar mandi
  4. Cat plafon
  5. Cat lisplank
  6. Cat kusen pintu
  7. Cat daun pintu panel
  8. Cat daun jendela
  9. Cat batu alam 
Pengecatan Dinding Dalam
Jenis cat yang digunakan untuk dinding bagian dalam rumah adalah jenis cat air untuk interior. Harga yang ditawarkan untuk cat interior ini juga beragam, tergantung dari kualitas cat tersebut dan ini akan kita bahas pada kesempatan berikutnya. Pada tulisan ini kita akan membahas tentang teknik atau cara pengecatan.

Untuk mendapatkan hasil pengecatan yang bagus, sebaiknya anda melakukan tahap demi tahap proses pengecatan yang telah dianjurkan, diantaranya:
  1. Pastikan plesteran/acian dinding telah kering. Atau anda bisa memulai pekerjaan pengecatan setelah 1 bulan dinding diaci.
  2. Bersihkan seluruh permukaan dinding yang akan dicat. Gunakan kertas pasir (amplas) kasar.
  3. Siram dinding dengan air, agar permukaan yang akan dicat benar-benar bersih.
  4. Lakukan pengecatan awal (lapisan pertama) dengan menggunakan cat dasar. Hal ini berguna untuk daya tahan terhadap serangan garam-garam alkali.
  5. Jika ada dinding yang retak rambut, tutup dengan dempul (plamur) dan kemudian amplas kembali.
  6. Ulangi pengecatan dengan menggunakan cat dasar. Tujuannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  7. Setelah cat dasar kering dan pastikan benar-benar kering, mulailah pengecatan dengan cat warna yang anda inginkan.

Pengecatan Dinding Luar
Jenis cat yang digunakan untuk dinding bagian luar adalah cat air eksterior. Cat air eksterior ini memang lebih mahal dari cat untuk interior.
Proses pengecatan dinding luar hampir sama dengan tahapan atau proses pengecatan dinding dalam, yang membedakannya hanya pada jenis dempul (plamur) yang dipakai untuk menutupi lubang atau retak rambut.  Dempul atau plamur yang digunakan sebaiknya dempul yang terbuat dari formula latex dan sealer khusus yang memiliki elastisitas yang tinggi dan tahan terhadap cuaca tropis, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan daya tahan cat eksterior rumah anda.

Cat Dinding Kamar Mandi
Umumnya dinding kamar mandi dilapisi dengan keramik atau granit tapi tidak semua dinding kamar mandi yang dilapisi keramik. Ada yang melapisi hanya sampai batas setinggi pintu kamar mandi dan dinding bagian atas tersebut difinishing dengan cat.
Proses atau tahapan kerja dan material yang digunakan untuk mencat kamar mandi sebaiknya sama dengan proses dan material untuk pengecatan dinding luar. Tujuannya adalah supaya warna cat dinding kamar mandi anda lebih tahan lama.

Back To Top