Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Cara Mengecat Conwood Supaya Seperti Kayu

Conwood adalah material pengganti kayu yang terbuat dari semen fiber. Berdasarkan dari bahan pembuat (semen) dapat diperkirakan bahwa warna dasar Conwood adalah abu-abu seperti warna semen bukan seperti warna kayu alami yang kekuningan atau kecoklatan.
Dinding Conwood tampak seperti kayu alami
Dinding Conwood tampak seperti kayu alami

Bagaimana cara mengecat agar terlihat seperti kayu alami?

Pabrikan yang memproduksi Conwood telah mereferensi material cat yang akan digunakan untuk mengecat Conwood yaitu cat Fiberkote yang diproduksi oleh Propan.
Dan kemudian pabrik Conwood pun telah memberikan intsruksi atau petunjuk tentang bagaimana cara yang benar untuk mengecat Conwood.


Berikut cara mengecat Conwood sesuai dengan instruksi dari pabriknya:
  1. Persiapkan material Conwood Indonesia dan pasang dengan ketentuan dan regulasi yang sesuai dengan Panduan Instalasi Conwood.
  2. Setelah material terpasang, tutup bekas sekrup dengan menggunakan MU-408 warna Extra Grey. Tunggu hingga mengering lalu di amplas hingga rata dengan permukaan.
  3. Persiapkan cat abu-abu Decorshield – Castle Grey dengan campuran air 50% lalu aplikasikan kepermukaan Conwood yang sudah terpasang tersebut dengan menggunakan kuas bulu. Tunggu hingga mengering.
  4. Setelah cat abu-abu tersebut mengering, lalu aplikasikan Fiberkote dengan campuran air 10% hingga tiga lapis (tiap lapis diamplas agar permukaan halus).
Demikian cara mengecat Conwood sesuai dengan petunjuk dari pabrik Conwood sendiri. Dengan mengikuti cara ini maka dipastikan anda akan mendapatkan hasil yang maksimal yaitu tampilan Conwood sangat mirip dengan kayu alami.
Tag : Material

Back To Top