Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Material Yang Tepat Untuk Tangga Beton

MATERIAL UNTUK TANGGA BETON - 

Material untuk tangga yang akan kita bahas pada kesempatan ini adalah material untuk finishing pada tangga yang terbuat dari beton bertulang di mana ketika setelah selesai dicor tentu pada tangga tersebut dilakukan pekerjaan tahap finishing.
Contoh Tangga
Sebagaimana yang diketahui bahwa pada sebuah tangga beton terdapat anak tangga, bordes dan pegangan tangga.

Material Untuk Anak Tangga

Ada beberapa material yang biasa dijadikan pilihan untuk dijadikan bahan pelapis anak tangga ini, diantaranya; Keramik, Granit, dan Kayu.

Keramik. Pada rumah yang berlantai keramik, biasanya juga menggunakan keramik untuk anak tangganya. Dari segi faktor keamanan sebaiknya anak tangga tersebut dipasangkan juga step nosing untuk menghindari resiko tergelincir saat menuruni tangga.

Granit. Pemakaian granit sebagai pelapis anak tangga, biasanya diterapkan pada rumah-rumah yang berlantai granit juga.
Dari segi faktor keamanan, pada anak tangga granit ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu;
  • Menumpulkan granit bagian terluar, dikenal juga dengan istilah dipinggul.
  • Memakai anak tangga granit yang ada step nosing.
  • Memakai anak tangga granit yang ada bullnose.
Kayu. Material kayu sebagai pelapis anak tangga saat ini juga menjadi pilihan bagi banyak orang. Selain aman dan nyaman digunakan, kehadiran unsur kayu pada lantai anak tangga tersebut dapat memberi nilai estetika tersendiri nan lebih mewah.
Saat ini banyak produsen yang telah memproduksi material pelapis anak tangga yang terbuat dari kayu.

Material Untuk Handrail Tangga

Handrail tangga berfungsi sebagai pengaman tangga, maka seyogyanya handrail ini terbuat dari material yang kuat dan kokoh.
Ketika seseorang sedang menggunakan tangga, hampir bisa dipastikan bahwa tangannya pasti berada atau memegang handrail tangga. Untuk itu, selain faktor keamanan, faktor kesehatan sebaiknya juga menjadi unsur yang patut anda perhitungkan saat menentukan material yang akan digunakan untuk handrail tangga anda. Pilihlah material yang higienis dan mudah dibersihkan.

Ada beberapa pilihan material yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk handrail tangga anda, seperti; stainless steel, kayu solid.
Khusus untuk kayu solid, dilakukan finishingnya harus sempurna. Jika perlu dilapisi dengan lapisan cat anti gores. Jika tidak demikian, mungkin ada diantara pembaca yang pernah melihat tangga yang bagian handrailnya yang terbuat dari kayu namun sudah bulukan (ada noda hitam) atau berjamur.

Tag : Tangga

Back To Top