Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Memilih Cat Dinding Yang Tepat Untuk Rumah

Semua orang pasti menginginkan rumah yang nyaman untuk dihuni dan enak untuk dipandang. Untuk itu mereka berusaha semaksimal mungkin agar tujuan itu tercapai. Salah satu cara adalah memilih cat yang tepat untuk dinding rumah. Pemilik rumah tentu akan memilih warna yang disukainya dan masing-masing orang pasti mempunyai pilihan yang berbeda, maka oleh karena itu pada tulisan ini kita hanya membahas tentang jenis cat seperti apa yang paling tepat untuk dinding rumah.

Secara umum cat dinding (cat tembok) dapat dibagi 2, yaitu;
  1. Cat Interior, dimana cat ini dicatkan pada dinding-dinding rumah yang terdapat di dalam rumah.
  2. Cat Eksterior, dimana cat ini dibuat khusus untuk penggunaan pada dinding rumah bagian luar. Cat eksterior ini tahan terhadap terpaan air hujan dan sengatan sinar matahari.
Cat Interior
Banyak produsen yang memproduksi cat dinding, berbagai merk dan dari harga yang murah sampai harga yang mahal dapat dijumpai di pasaran. Semakin mahal cat dinding (cat tembok) tentu semakin banyak pula kelebihan-kelebihan yang ditawarkannya.
Sebagai contoh ada produsen yang memproduksi cat yang berkualitas premium, cat yang mudah untuk dibersihkan dan cat yang mereka anggap standar namun tetap memiliki keunggulan dari yang lain.

Berikut ini beberapa tips atau cara yang patut anda pertimbangkan sebelum memilih cat untuk dinding rumah anda:
  • Perhatikan daya sebar cat yang tercantum pada kemasannya. Contoh; Daya sebar 10 m2/kg, artinya setiap 1 kg cat mampu menutupi dinding seluas 10 m2. Nah..., semakin luas daya sebar cat menentukan bahwa cat itu memiliki kualitas yang lebih baik. 
  • Perhatikan fitur-fitur atau kelebihan yang ditawarkan cat tersebut. Contoh; Cat mudah dibersihkan, Cat yang tidak cepat pudar, dan lain-lain.
  • Perhatikan apakah cat tersebut bergaransi.
Cat Eksterior
Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa cat eksterior adalah pada dinding luar rumah anda. Sering terlihat pada sebuah rumah, warna catnya yang pudar, cat yang terkelupas, dan ada kelihatan retak rambut pada dinding tembok. Oleh karena itu diperlukan cat yang tahan terhadap berbagai perubahan cuaca sehingga anda tidak perlu mengulang pengecatan rumah setiap tahun agar rumah anda tampil menarik.

Selain dari beberapa tips atau cara yang di atas, ada beberapa hal yang perlu dicermati ketika memilih cat untuk dinding luar rumah anda:
  • Pilihlah cat eksterior yang memiliki tingkat keelastisitas yang baik. Hal ini berguna untuk menutupi retak rambut pada dinding (tembok) rumah.
  • Pilihlah cat eksterior yang memiliki fitur yang mampu atau tahan terhadap pertumbuhan jamur atau lumut.
  • Pilihlah cat yang bergaransi.

Back To Top