Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Menentukan Engsel Pintu dan Jendela Rumah

Menentukan material yang digunakan pada saat membangun rumah secara tepat guna merupakan suatu tindakan yang bijak. Hal ini bisa menghemat biaya dan memaksimalkan hasilnya.
Begitu juga dalam memilih engsel pintu yang akan digunakan pada pintu rumah anda karena saat ini sangat banyak engsel pintu yang ada di pasaran dengan berbagai macam pilihan mulai dari kwalitas bahan, bentuk dan harga yang berbeda tentunya.
Engsel pintu

Sesuai dengan fungsinya bahwa engsel pintu merupakan alat bantu yang digunakan untuk menggantung pintu atau jendela pada kusen sehingga pintu atau jendela tersebut bisa dibuka dan ditutup. Artinya engsel pintu dan jendela ini hampir selalu digunakan setiap hari.
Engsel yang biasa digunakan untuk pintu rumah adalah jenis engsel panel. Bentuk engsel panel hampir sama bentuknya dengan engsel kupu-kupu.


Cara menentukan engsel pintu dan jendela yang akan digunakan untuk rumah:
  1. Pilih engsel pintu dan jendela yang terbuat dari material yang baik. Engsel yang terbuat dari stainless steel sangat disarankan supaya terhindar dari korosi (karatan)..
  2. Perhatikan ketebalan lempengan engsel pintu tersebut. Biasanya semakin tebal semakin bagus.
  3. Gunakan ukuran engsel pintu dan jendela yang sesuai dengan beban yang akan ditanggungnya. Untuk pintu panel standar biasanya menggunakan engsel 4" atau 5" sedangkan untuk jendela biasanya memakai engsel 3"
Kecermatan dalam menentukan engsel untuk pintu atau jendela rumah ini diperlukan agar terhindar dari masalah dikemudian hari, seperti; kondisi daun pintu yang turun sehingga bergesekan dengan lantai akibat engsel tak mampu menahan beban berat daun pintu.

Tag : Engsel, Material

Back To Top