Pengetahuan Tentang Cara Mendesain Rumah dan Contoh Desain Serta Cara Membangun Rumah

Tips Melakukan Pengecatan Pada Dinding Rumah

Untuk mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal pada dinding rumah anda, perlu dilakukan dengan cara yang baik dan benar serta sesuai dengan yang dianjurkan oleh produsen cat pada saat mengaplikasikan cat tersebut. Untuk itu kami menyampaikan beberapa tips yang perlu dilakukan saat pengecatan dinding rumah.

Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan saat mencat rumah anda:
  1. Pastikan permukaan dinding tembok dalam keadaan kering. Jangan melakukan pengecatan lapis kedua sebelum lapisan pertama benar-benar kering karena akan mengakibatkan kegagalan pengecatan (cat meleleh) dan sebagian cat yang belum kering tersebut akan tertarik oleh roll atau kuasnya.
  2. Penggunaan plamur (wall filler) tidak disarankan untuk diaplikasikan di seluruh permukaan tembok luar maupun dalam karena akan mengurangi daya rekat cat terhadap dinding tembok.
  3. Bila terpaksa menggunakan plamur (wall filler) untuk memperbaiki permukaan dinding tembok tidak rata atau menutupi retak-retak halus (retak rambut), gunakan plamur seminimal mungkin. Jangan aplikasikan di seluruh permukaan tembok dan tempatkan plamur di antara dua lapisan primer.
  4. Hindari melakukan pengecatan pada musim hujan atau cuaca lembab karena pada kondisi tersebut pengeringan lapisan film cat tidak terbentuk secara maksimal


Tips melakukan pengecatan pada dinding rumah ini kami tulis dikarenakan hal yang paling sering dialami oleh para kontraktor atau pemborong cat adalah permintaan dari pemilik rumah untuk memplamur seluruh permukaan dinding tembok rumahnya. Sering alasan yang dilontarkan oleh pemilik adalah supaya terlihat bagus walaupun masih dalam masa pembangunan. Jika menghadapi persoalan yang demikian, kontraktor atau pemborong cat harus menjelaskan secara teknis bahwa pemakaian plamur di seluruh permukaan dinding tembok justru akan membuat hasil pengecatan menjadi tidak bagus.

Back To Top